Ajang penghargaan Academy Awards ke-93 baru aja digelar. Nomadland berhasil meraih tiga piala oscar dari ajang bergengsi, termasuk kategori Film Terbaik.

Nomadland mengalahkan sejumlah film unggulan lainnya dari seperti The Father, Mank, Judas and the Black Messiah, Minari, Promising Young Woman, Sound of Metal dan The Trial of the Chicago 7. Film ini bercerita tentang perjalanan seorang perempuan sebagai nomaden, yang hidup di mobil van dan berkeliling ke kota-kota di Amerika.


Baca Juga: Yang Mana The Mandarin Asli di MCU?



Chloe Zhao keluar sebagai pemenang sebagai sutradara terbaik. Selain itu, bintang utama mereka Frances McDormand juga mendapatkan piala Oscar dari kategori Best Actress.

1. Adaptasi

Nomadland diadaptasi dari novel non fiksi berjudul Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century yang ditulis oleh Jessica Bruder. Pada tahun 2017, novel itu menjadi salah satu best seller di Amerika Serikat.

2. Rekor Baru di Academy Awards

Chloé Zhao menjadi orang ketiga dan wanita pertama yang dinominasikan di Academy Awards untuk Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik, Gambar Terbaik dan Penyuntingan Film Terbaik di tahun yang sama.

3. Produksi

Film ini disyuting di tujuh negara bagian selama empat bulan. Sang aktris Frances McDormand benar-benar melakukan beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang melakukan pekerjaan nomaden dan menginspirasi buku tersebut, seperti memanen bit dan mengemas pesanan Amazon dengan program CamperForce.

4. Didukung Orang Nomaden Beneran

Di film-film sebelumnya, Chloé Zhao banyak melibatkan aktor-aktris non-profesional. Di Nomadland, banyak orang nomaden yang ikut berakting sebagai diri mereka sendiri.