Film terbaru 'Joker' memang mengundang antusias tersendiri. Selain ini adalah film solo pertama villain Batman pertama, euforianya memang jelas terasa karena trailer dan potongan akting Joaquin Phoenix terlihat cukup meyakinkan.

Phoenix membuat penggemar musuh si Pahlawan Gotham ini para penggemar membumbungkan ekspektasi tinggi usai Joker versi Jared Leto di Suicide Squad begitu mengecewakan. Tentu semua berharap bahwa Phoenix bisa menyamai atau mungkin melebihi level dari Heath Ledger, aktor yang membawakan peran ini ke tingkat paling maksimal dan bold.

Tapi ternyata Phoenix mengatakan bahwa peran ini memang cukup mengerikan. Ini seolah mengingatkan lagi bahwa Ledger saja tidak sanggup memikul beban usai memerankan penjahat sakit ini.

1. Peran Ini Mengganggu Psikis

Phoenix terang-terangan mengaku takut semakin mendalami peran Arthur Fleck, versi nama asli Joker dalam film solonya.

Aktor yang selalu memukau kala akting di depan kamera ini bilang, "Banyak ketakutan. Tapi, saya selalu bilang, ada ketakutan yang memotivasi dan ketakutan yang melemahkan," aku Phoenix.



2. Klaim Phoenix Menjadi Bukti Bahwa Ledger Merasakan 'Sakitnya' Menjadi Joker

Ledger begitu mendalami peran sebagai penjahat dengan make up mengerikan ini. Bahkan karena peran ini, Ledger semakin depresi dan akhirnya memutuskan bunuh diri meski belakangan dibantah keluarganya.

Masalah Ledger mungkin adalah akumulasi dari problem hidupnya. Tapi lewat peran Joker di Dark Knight arahan Christopher Nolan-lah, Ledger sempat blak-blakan bahwa menjadi Joker adalah hal menakutkan dan mempengaruhi psikologinya.

3. Observasi Lihat Pasien Gangguan Mental

Kembali ke Phoenix, aktor ini sendiri sampai membawa dirinya untuk mempelajari tertawa pasien dengan penyakit mental. Meski cuma melihat via video, Phoenix mempelajari sesuatu dari sana.



"Saya sering melihat video dengan orang yang menderita tawa patologis, itu membuat mereka tak terkendali," ungkapnya.

4. Para Pemeran Joker Lain

So far sudah ada dari enam pemeran Joker di lingkup distribusi besar DC, mereka adalah Cesar Romero, Jack Nicholson, Heath Ledger, Jared Leto dan Phoenix.

Di luar itu ada juga Cameron Monaghan yang memerankan karakter Joker bernama asli Jerome Valeska di serial Gotham. So pasti peran Joker akan sering dibanding-bandingkan dengan pendahulunya.

'Joker' arahan Todd Phillips ini sendiri baru akan menyapa kalian pada Oktober 2019 ini.