Mendapatkan tantangan karakter gender swapping, bukan kali pertama bagi aktris Tilda Swinton. Dalam film Doctor Strange, Tilda tampil dengan kepala plontos memerankan tokoh Ancient One.

Ancient One adalah mentor dari Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) yang hidup di Tibet secara tradisional. Dia mengajarkan Strange ilmu yang selama ini tak pernah didapatkan dalam hidupnya. Dalam komik, karakter ini digambarkan sebagai pria Asia.

Pilihan Marvel itu menuai kontroversi di kalangan penggemar. Hollywood dinilai kurang memberikan kesempatan kepada aktor Asia untuk mendapatkan peran pendukung yang cukup besar. Tapi kata Marvel, mereka hanya menyesuaikan kondisi.



Doctor Strange bercerita tentang seorang dokter bedah New York yang mengalami kecelakaan fatal. Dia kemudian melakukan perjalanan ke Tibet dan Nepal untuk melakukan pengobatan.

Tetapi di sana Strange juga mendapatkan pengalaman spiritual, hingga memutuskan untuk belajar lebih jauh. Film yang juga dibintangi Chiwetel Ejiofor dan Rachel McAdams itu akan tayang ke bioskop AS pada 4 November mendatang.