Kabar duka kembali menyelimuti Hollywood beberapa waktu lalu. Aktor yang pertama kali memerankan James Bond, Sean Connery menghembuskan nafas terakhirnya di usia 90 tahun. Kabar duka ini hadir di tengah penantian publik untuk film James Bond terbaru sekaligus film Bond terakhir untuk Daniel Craig.

Semua bermula tahun 1962 lalu ketika novel karya Ian Fleming akhirnya diangkat jadi film layar lebar. Sean Connery pun dipilih untuk memerankan film James Bond pertama yang berjudul Dr. No. 

Sejauh ini, Sean Connery masih memegang rekor sebagai aktor dengan film James Bond terbanyak, beberapa di antaranya bahkan masih masuk ke dalam daftar 5 besar film Bond terbaik. Banyak yang menilai, Sean Connery bakal tetap jadi Bond terbaik dan berikut ini adalah beberapa alasannya.

Menggambarkan karakter flamboyan dengan sempurna


Memilih sesuatu untuk pertama kali selalu jadi tantangan yang sangat berat. Begitupun ketika Albert Broccoli memilih siapa yang kira-kira cocok untuk memerankan agen rahasia asal Inggris ini. Pilihan yang jatuh kepada Sean Connery ternyata sesuatu langkah yang sangat tepat. Perpaduan antara karisma dan tampilan yang flamboyan emang membuat Sean Connery langsung jadi ikon Bond, bahkan sampai lebih dari 50 tahun kemudian.

Era Sean Connery membentuk template untuk film Bond


Untuk membuat cerita yang menarik, dibutuhkan berbagai formula yang pas sehingga bisa dinikmati banyak penonton. Identitas franchise James Bond mulai terasa solid di film keduanya, From Russia With Love. Pada era ini, film James Bond mengukuhkan template yang selanjutnya terus digunakan bahkan hingga film ke-25 tahun 2021 mendatang. 

Secara gak sadar, semua film Bond punya formula yang sama, adanya side character bernama Q dan M, asisten bernama Moneypenny, mobil Aston Martin, dan juga Bond Girl sebagai pemikat hati sang agen. Tanpa identitas yang dikukuhkan di era Sean Connery, mungkin James Bond gak bakal punya ciri khas dari film-film action lainnya.

Masih jadi acuan untuk membandingkan film Bond baru


Mungkin Daniel Craig menentukan standar baru untuk sang agen. Dirinya mengubah citra agen yang tak terkalahkan ini jadi lebih manusiawi karena bisa kelelahan dan juga bisa babak belur. Daniel Craig juga memukau dunia dengan Casino Royale dan Skyfall. Tapi tetap aja, semua itu dinilai berdasarkan standar yang dibentuk oleh film Bond di era Sean Connery.

Gak cuma plot cerita dan formula di dalamnya, bahkan tampilan sang aktor selalu dibandingkan dengan penampilan Sean Connery saat masih jadi Bond beberapa dekade lalu.

Bisa dibilang, Sean Connery adalah salah satu aktor paling berpengaruh bukan cuma buat franchise Bond, tapi juga di industri film dunia. Karena akting briliannya, banyak bermunculan film-film dengan formula sejenis yang menampilkan mata-mata sebagai karakter utamanya.