Semesta superhero memang selalu menarik untuk dikulik. Bahkan pengetahuan yang tampak umum saja, buat sebagian pecinta jagat hero banyak juga yang nggak 'ngeh'.

Salah satu contohnya adalah soal identitas asli superhero yang diketahui beberapa tokoh dan karakter dalam semesta itu sendiri. Kali ini kita kulik Batman usai tentang Spider-Man kemarin kayaknya hits banget artikelnya ya kan!

1. Joker



Joker merupakan villain klasik dan ikonik. Ia sesungguhnya sudah lama tahu Batman adalah Bruce Wayne. Tapi karena the Caped Crusaders adalah tokoh favoritnya, Joker nggak mau menghempaskan kesenangannya dengan melucuti Batman adalah Wayne ke publik.

2. Lucius Fox



Kaki tangan kepercayaan Bruce Wayne ini adalah orang yang juga menjadi karyawan di Wayne Enterprises. Ia ahli persenjataan dan mengetahui seluk-beluk Batman sejak muda. Bersahabat dengan Bruce sejak kecil, Lucius juga pernah sangat apik diperankan Morgan Freeman di Trilogi Dark Knight.

3. Jim Gordon



Komisaris Gordon adalah sidekick Batman di rooftop gedung polisi. Ia bertukar pikiran dengan sang manusia laba-laba terkait kriminal yang selalu mengusik ketentraman Gotham. Batman takkan pernah lepas dari sosok ini, begitu pun sebaliknya.

4. Personel Justice League



Tentu selain orang-orang di atas, ada personel Justice League yang paham betul soal identitas aslinya. Wonder Woman, Superman, Aquaman sampai The Flash sering berkelakar bahwa Batman adalah satu-satunya personel tanpa superpower, meski Bruce kerap membalas seloroh itu dengan menyebut 'uang' adalah kekuatan utamanya.

Sebagai bonus, Robin dan Catwoman kayaknya sih nggak usah disebut ya. Ditambah beberapa pacar dan villain Ras Al Ghul kayaknya udah umum banget tahu soal identitasnya, Mending tunggui Batman terbaru deh via Robert Pattinson sama kembalinya Michael Keaton di DCEU sebagai Batman dari timeline yang berbeda.