Lo mungkin tidak tahu seperti apa penampilannya, tetapi kemungkinan besar pernah melihatnya di layar lebar lebih dari sekali. Selama 12 tahun terakhir, aktor Inggris Andy Serkis telah menghidupkan beberapa makhluk seluloid yang paling berkesan.banner-ads

Gollum (The Lord of the Rings), King Kong, dan Caesar (The Rise of the Planet of the Apes). Serkis memainkan masing-masing bagian tersebut menggunakan teknik pembuatan film yang disebut performance capture, yang merekam pergerakan aktor hingga ekspresi wajah terkecil, tetapi bukan penampilan fisik aktor.

Apa yang membuat Serkis begitu pandai menggambarkan binatang buas dan sejenisnya?

Baca Juga: 3 Film Yang Mengubah Keanu Reeves



Dia adalah aktor berbakat yang telah bekerja di teater dan film, komedi dan drama gelap. Dia juga seorang sutradara, mengarahkan unit kedua di The Hobbit.

1. Gollum



Sudah sekitar 12 tahun sejak dimulai dengan Lord of the Rings. Orang-orang menyadari bahwa itu hanyalah metode lain untuk merekam penampilan seorang aktor.

"Sangat menyenangkan melihat bahwa teknologi diserap ke dalam fokus utama industri," katanya.

"Studio Robert Zemeckis telah membuat banyak film menggunakan teknologi performance-capture, dan, tentu saja, Avatar. Tapi saya kira saya beruntung dalam hal itu. Dan saya sangat menyukainya karena saya menyukai teknologi dan sebagai alat aktor. Jadi dari sudut pandang akting, itu fantastis."

2. Caesar



Dari makhluk penangkap gerak yang pernah dimainkan, mana yang menjadi favorit?

"Saya menyukai Caesar karena dia memiliki perjalanan yang luar biasa untuk dimainkan. Merupakan tantangan besar untuk memainkan seluruh perjalanan itu dan untuk menyampaikan apa yang dia rasakan dan pikirkan tanpa dialog, hanya melalui fisik dan ekspresinya," ungkapnya.

3. Captain Haddock



Andy Serkis mengungkapkan bahwa perannya sebagai Kapten Haddock dalam The Adventures of Tintin gelap. Karakter dalam novel grafis itu diadaptasi oleh Steven Spielberg dalam motion-capture.

"Ketika kita bertemu Kapten Haddock, dia adalah seorang manusia yang kacau, mengasihani diri sendiri, yang telah benar-benar meledak dan membawa di suatu tempat dalam pikirannya kesalahan dosa para ayah dan nenek moyang."

4. King Kong



King Kong juga pernah diperankan oleh Andy Serkis. Film besutan Peter Jackson itu rilis pada tahun 2005.

Film ini kembali memperlihatkan kepiawaian Andy Serkis di balik CGI. Kemampuannya bergerak seperti kera juga kembali menuai pujian.

Setelah King Kong, Andy Serkis juga jadi Godzila!

5. Supreme Leader Snoke



Star Wars: The Rise of Skywalker juga menampilkan sosok Andy Serkis lagi di filmnya. Snoke menjadi penjahat dari trilogi sekuel Star Wars.

Kematiannya di The Last Jedi sangat mengejutkan, seperti latar belakangnya di The Rise of Skywalker.

"Saya sangat terpukul ketika membaca naskah itu karena semuanya berjalan dengan sangat baik. Saya suka memainkan karakter itu dan saya suka adegan tatap muka antara Kylo Ren dan Rey, dan itu hebat," ungkapnya.