Sean Penn berhasil menemui drug lord Joaquin 'El Chapo' Guzman dalam hutan pedalaman Meksiko. Pertemuan tersebut bisa terjadi karena ada aktris penghubung. Siapa dia?
 
Kate Del Castillo (43) belakangan menjadi sorotan. Aktris film dan televisi asal Meksiko ini sekarang sedang menjalani pemeriksaan dari pihak berwajib karena dia menjadi jembatan antara Penn dan El Chapo.
 
 
Saat wawancara itu terjadi, El Chapo sedang dalam pelarian usai kabur dari penjara pada Juli 2015. Dia berhasil ditangkap akhir pekan lalu setelah komunikasinya dengan produser film terendus polisi.
 
Kate Del Castillo pernah membintangi telenovela popular 'La Reina del Sur' (Queen of the South) sebagai gembong narkoba. Siapa sangka ternyata kehidupan aslinya benar-benar dekat dengan orang paling berkuasa di Sianola.
 
Pada 2012 setelah 'Queen of the South' tayang di Telemundo, Kate menulis surat terbuka kontroversial. "Hari ini aku lebih percaya pada Chapo Guzman daripada pemerintah yang menyembunyikan kebenaran menyakitkan, mereka yang menutupi obat untuk kanker dan AIDS demi keuntungan dan kekayaan mereka," katanya. 
 
 
Dua tahun kemudian, menurut harian Meksiko El Universal, pengacara Guzman mendekati Kate dan memintanya apakah dia bersedia untuk memproduksi film biografi El Chapo. Saat itu, Guzman sedang berada di balik jeruji besi. Kate kemudian menghubungi sutradara Argentina untuk menjadi penulis skenario.