Buat lo yang suka film superhero, pasti tau bahwa jauh sebelum MCU dan Avengers berdiri, X-Men udah punya universe sendiri di layar lebar. Dengan Wolverine sebagai ikon di film-filmnya, X-Men jadi film superhero yang bisa dibilang sukses.

Tapi kalau ngomongin soal sejarah mereka dalam komik, Avengers dan X-Men bisa dibilang punya sejarah yang sama panjangnya. Keduanya membangun universe dan fanbase yang kuat di kalangan pecinta komik Marvel dan para penggemar pada umumnya. Gak jarang juga mereka membentuk aliansi, atau bahkan bertarung satu sama lain.

Selama ini, X-Men identik dengan profesor Charles Xavier sebagai founding father dan pemimpin dari para X-Men. Tapi ternyata udah ada beberapa mutan yang memimpin kelompok tersebut di berbagai kesempatan, Bro.

Siapakah yang jadi leader terbaik para mutan?

Charles Xavier

Charles Xavier yang juga dikenal dengan nama Profesor X punya ambisi menciptakan perdamaian di antara ras manusia dan ras mutan. Meski identik sebagai pemimpin utama para mutan, ternyata Charles Xavier dianggap bukan yang terbaik. Kemampuannya emang luar biasa karena bisa membaca pikiran seluruh mutan di dunia. Tapi bahkan di kalangan pengguna telepati, dirinya bukanlah yang terkuat. Masih ada Scarlet Witch yang kemampuannya jauh di atas Charles Xavier. 

Meski punya kekuatan luar biasa, Profesor X dalam komik dikenal sebagai sosok yang arogan. Kemampuannya membaca pikiran seluruh mutan membuat Profesor X menganggap bahwa dirinya adalah seorang dewa. Bahkan suatu ketika dalam event komik Marvel, Original Sin Wolverine sempat dikirim untuk membunuhnya. Namun Xavier menghapus ingatannya dan membuatnya berpihak jadi anggota X-Men.

Storm

Siapa sangka, karakter yang pernah diperankan Halle Berry dan memiliki kekuatan mengendalikan petir serta cuaca ini pernah memilih untuk jadi pemimpin para X-Men?

Ini terjadi di era komik Marvel tahun 1980-an menggantikan posisi Profesor X. Dirinya jadi seorang pemimpin di era dimana para karakter superhero wanita cuma sebatas jadi sidekicks, karakter pembantu, atau cuma seorang love interest. Kerennya lagi, Storm meraih posisi pemimpin untuk para X-Men ini dengan cara mengalahkan Cyclops dalam pertarungan. 

Cyclops

Dalam adaptasi live action, Cyclops mungkin bukanlah karakter yang menonjol. Namun dalam versi komik, Cyclops adalah mutan yang disebut-sebut sebagai pemimpin terhebat para mutan. Cyclops udah diajarkan oleh Profesor X tentang kepemimpinan sejak pertama kali dirinya menemukan Cyclops dan mengajaknya bergabung ke akademi para mutan. Jadi bisa dibilang bahwa semua gaya kepemimpinannya diwariskan langsung dari sang profesor.

Hal yang membuatnya berbeda dari Charles Xavier adalah Cyclops mempelajari kesalahan mentornya tersebut dan berusaha untuk tidak melakukannya. Dirinya bahkan dapat menerima kenyataan saat mengetahui bahwa Profesor X sempat menghapus seluruh ingatannya tentang sang kakak, mutan bernama Vulcan. Itu semua dilakukan oleh Profesor X untuk menjadikan Cyclops pemimpin yang hebat. Meski kejam, cara tersebut terbukti berhasil membuat Cyclops jadi sosok disegani di semesta X-Men.

Buat lo yang gak mengikuti semesta X-Men dari versi komiknya, mungkin lo bakal berpikir bahwa Wolverine yang diperankan oleh Hugh Jackman adalah pemimpin dari tim tersebut. Wolverine dalam komik emang pernah diceritakan ingin menjatuhkan kepemimpinan Cyclops karena masalah kepercayaan. Tapi pada akhirnya Wolverine tetap jadi anggota X-Men “biasa”.

Siapa nih Bro karakter X-Men yang jadi favorit lo? Mungkin suatu saat nanti lo bakal bisa melihat X-Men bergabung dengan para Avengers ketika MCU udah punya momen yang tepat untuk memasukkan karakter mutan satu per satu ke dalam universe mereka.