'Spectre' mungkin bukan film James Bond dengan pendapatan debut terbesar sepanjang masa. Tetapi film tersebut mencetak rekor dunia untuk adegan ledakan terbesar sepanjang sejarah film.

Dalam salah satu adegan Bond menyelidiki organisasi SPECTRE, sang agen 007 meninggalkan tanda yang tak akan dilupakan musuhnya. Dia menghancurkan markas yang berada di tengah gurun di Maroko.

Adegan ledakan itu dicatat The Guinness Book of World Records sebagai ledakan terbesar, yang mampu bertahan hingga 7,5 detik. Untuk membuat ledakan itu dibutuhkan 8.418 liter kerosene dan 33 kilogram bubuk peledak.

“Adegan yang menampilkan ledakan terbesar di dunia ini begitu spektakuler dan akan selalu diingat sebagai salah satu momen menakjubkan dari film James Bond.”

‘Spectre’ yang dirilis pada 6 November lalu sudah mengumpulkan pendapatan debut US$ 70,4 juta di box office Amerika Utara. Hasil itu melebihi ‘Quantum of Solace’ yang mendapatkan  US$ 67,5 juta pada 2008, tapi masih di bawah ‘Skyfall’ yang meraup US$ 88,4 juta pada 2012.