Media sosial lagi ramai menyerukan agar Warner Bros merilis tim superhero DC, Justice League versi Zack Snyder's cut dirilis.

Sebab, JL versi itu konon jauh lebih bagus dari pada versi director Joss Whedon. Kita semua tahu produksi JL sempat kacau karena Syner dirundung duka dan finishing film itu diselesaikan dengan sutradara berbeda, yakni Whedon (The Avengers dan Avengers: Age of Ultron).

Pada prosesnya, film superhero dan film jagoan yang di tengah proyeknya berganti sutradara cukup banyak bro. Tapi kita ngomongin yang baru-baru aja ya dan lagi hot. Apalagi film-film besar di antara yang kita ulas ini baru mau rilis tahun-tahun depan.

1. The Batman



Salah satu film superhero yang berganti sutradara yang tengah dinantikan rilisnya adalah The Batman. Asal tahu aja, Ben Affleck adalah visioner dari judul ini. Ia duduk sebagai bintang utama dan director. Tapi para prosesnya perbedaan kreatif memaksanya mundur. Diawali Matt Reeves sebagai sutradara dan tetap Ben sebagai Bruce Wayne, ujungnya sang aktor memilih hengkang sepenuhnya. Plot dan cast utama jatuh ke Robert Pattinson.

2. Thor: The Dark World



Petty Jenkins dikenal sebagai sutradara sukses dari Wonder Woman terbaru. Tapi sebelum DC mengambil alih, Jenkins adalah nama yang ditetapkan Marvel untuk menangani skuel Thor pada 2011. Berbenturan kreatif, Jenkins cabut dari proyek dan film Dewa Asgard itu diambil alih oleh Alan Taylor. Sayangnya film ini menjadi yang terlemah di seri Thor.

3. Doctor Strange



Penyihir tenar Marvel ini ternyata sudah pernah mau digarap sutradara kelas Oscar, Guillermo Del Toro pada 2005 silam. Sayangnya, film ini mangkrak di ide awal. Del Toro pun jika jadi buat nih film, pastinya belum terhubung sama Marvel Cinematic Universe. Tapi sejarah bisa berubah, bisa aja Doctor Strange yang jadi pilar MCU karena Iron Man pertama baru ada pada 2008. Kemudian kita tahu Doctor Strange sukses besar dengan sutradara Scott Derrickson.

4. The Flash



Seperti The Batman, film yang masih tayang jauh hari ini juga bergonta-ganti sutradara karena benturan visi studio. Maklum saja, kekacauan Justice League tadinya juga tak bisa menjaga mood bintang utamanya, Ezra Miller untuk tetap mau memerankan Barry Allen. Usai berganti-ganti sutradara, akhirnya director spesialis horor, Andy Muschietti yang sukses dengan It.

5. James Bond: No Time To Die



Yap, ini dia kenapa gue nggak mau cuma bilang superhero. James Bond yang cuma manusia biasa tapi jagoan juga mengalami sedikit hambatan dalam proses penggarapan film terbaru: No Time To Die dimana Daniel Craig menandakan proyek ini sebagai peran terakhirnya menjadi agen 007. Awalnya Danny Boyle adalah sutradara film ini, baru setengah jalan, Boyle mundur dan posisinya digantikan Cary Joji Fukunaga.