Star Wars: The Rise Of Skywalker rilis sekitar dua minggu lalu di Indonesia, dua hari lebih cepat dibandingkan perilisan Amerika Serikat. Salah satu film paling ditunggu di akhir tahun 2019 ini emang sukses saat pembukaan dengan berhasil meraup US$175,5 juta dalam tiga hari pertama perilisannya.

Banyak yang menantikan film ini karena para penggemar dijanjikan akan mendapatkan penutup yang memuaskan untuk saga Star Wars selama 40 tahun terakhir. Ditambah, banyak yang merasa kecewa dengan kualitas Star Wars Episode: The Last Jedi arahan Rian Johnson dua tahun lalu karena dirinya dianggap mengacaukan jalan cerita Star Wars. Meskipun opini sebagian fans masih terbelah, nyatanya film ini cukup memuaskan untuk para penggemar Star Wars dan sedikit bisa mengobati kekecewaan mereka.

Ngomong-ngomong soal Star Wars Episode IX, dari dua jam lebih film berjalan, banyak banget cameo yang muncul ternyata, Bro. Cameo tersebut adalah kehadiran banyak karakter dari Star Wars terdahulu. Penasaran siapa aja? Oh iya Bro, (spoiler alert) buat lo yang belum nonton.

Harrison Ford (Han Solo)

Karakter Han Solo (ayah dari Kylo Ren alias Ben Solo) diceritakan tewas di Star Wars: The Force Awakens 2015 lalu. Namun di film ke-9 ini, dirinya muncul lagi sebagai bayangan masa lalu dan muncul di belakang Kylo Ren setelah dirinya kalah bertarung dengan Rey di planet Endor. Di sana juga Kylo Ren memutuskan bahwa dirinya tidak lagi mengikuti Dark Side dan memilih membantu Rey.

James Earl Jones (Darth Vader)

Dalam sebuah adegan di dalam pesawat Destroyer milik Kylo Ren, ada sebuah adegan yang menampilkan topeng Darth Vader yang telah rusak. Bayangan force dari Dark Side sering muncul dari topeng tersebut berupa bisikan-bisikan di dalam kepala. Nah, salah satu bisikan yang muncul adalah suara pemeran asli Darth Vader pada masanya, James Earl Jones.

Denis Lawson (Wedges Antilles)

Mungkin fans Star Wars yang belum nonton trilogi original gak banyak yang tau nama ini. Tapi Antilles adalah salah satu karakter penting, Bro. Dirinya adalah tokoh kunci di banyak pertarungan antara pasukan Rebel dan Empire. Kali ini dirinya muncul kembali di pertarungan akhir di planet Exegol.

Andy Serkis (Supreme Leader Snoke)

Seperti cameo Darth Vader, Snoke juga muncul sebagai sebuah suara. Bedanya, Snoke muncul jauh lebih awal dalam film ketika Kylo Ren sedang berbincang dengan Palpatine mengenai kemungkinan di masa depan. Sebelumnya, Snoke tewas setelah badannya terbelah dua oleh lightsaber yang digunakan oleh Kylo Ren pada film The Last Jedi.

Seluruh Jedi terdahulu.

Cameo yang satu ini bisa dibilang rumit. Soalnya, suara dari para Jedi terdahulu, dari film-film sebelumnya dipadatkan dalam jangka waktu beberapa detik. Momen ini muncul ketika Rey nyaris kalah dan tak sadarkan diri setelah Life Force miliknya diambil oleh Palpatine. Rey pun berusaha membuat sebuah koneksi antara dirinya dengan Force dari para Jedi yang hidup di generasi sebelumnya. Pada momen inilah suara-suara tersebut muncul. Jedi yang suaranya muncul pada adegan ini adalah Angelique Perrin (Adi Gallia), Freddie Prinze Jr. (Kanan Jarrus), Liam Neeson (Qui-Gon Jinn), Ewan McGregor and Alec Guinness (Obi-Wan Kenobi), Jennifer Hale (Aayla Secura), Hayden Christensen (Anakin Skywalker), Ashley Eckstein (Ahsoka Tano), Olivia D’Abo (Luminara Unduli), Samuel L. Jackson (Mace Windu), Frank Oz (Yoda).

J.J Abrams (Droid D-0)

Pada pertengahan film, Rey, Finn, dan Poe yang menemukan sebuah kapal tua pun menemukan sebuah droid yang telah usang. Setelah dihidupkan kembali oleh BB-8, ternyata dirinya bisa berbicara seperti droid C-3PO. Nah, suara yang ada di balik droid tersebut adalah sang sutradara sendiri, J.J Abrams. Ini juga jadi momen pertama kalinya Abrams muncul sebagai cameo dan bertindak sebagai sebuah karakter yang bukan merupakan dirinya sendiri.

Menurut lo sendiri, gimana film penutup dari Skywalker Saga ini, Bro? Apakah lo berharap bakal ada film Star Wars lagi di kemudian hari?