Film tentang astronot Mars ini enggak sepenuhnya fiksi. Beberapa teknologi yang dipakai di film fiksi ini benar-benar ada dan sudah dipakai oleh NASA.

Andy Weir adalah mantan programmer yang punya minat besar pada Mars. Di waktu luangnya ia menulus serial tentang astronot NASA yang hidup di Mars. Kisah ini kemudian dikumpulkan dan akhirnya jadi novel, yang diadopsi jadi film The Martian. Kisah film yang dibintangi Matt Damon ini memang fiksi. Tapi dibuat dengan kisah tentang Mars, kerja NASA berikut teknologi yang benar-benar nyata.

Di film yang berseting tahun 2030 ini menunjukkan bahwa bukan hal aneh, wara-wiri dari Bumi ke Mars dan jalan-jalan di permukaannya. Serunya, ini enggak sepenuhnya fiksi. NASA sendiri menyatakan bahwa lembaga itu memang mengembangkan berbagai teknologi yang terlihat di film itu. Bahkan ada yang sudah dipakai bro...

Kayak begini nih, perbandingan antara baju astronot yang di film sama aslinya yang dipakai NASA (kanan).

Contohnya, bintang utama Matt Damon yang hidup dalam modul habitation yang disebut The Hab. Ini merupakan wujud rumah kalau loe hidup di Mars. Menurut NASA, itu bukan fiksi. Ilmuwan mereka tinggal dan bekerja di tempat seperti itu. Beda nama aja, di NASA disebut HERA. Dan seperti rumah, bangunan dua lantai ini merupakan lingkungan aman di tengah antariksa dengan module kebersihan dan pengunci udara.

Bukan itu aja, di film yang akan dirilis Oktober ini sang astronot juga bisa memenuhi sendiri makanannya di luar angkasa. Caranya, menanam pohon di The Hab. Nah, NASA juga punya sistem produksi makanan segar serupa di International Space Station mereka. Namanya, Veggie. Pada 2014 astronot menggunakan Veggie untuk menanam ‘Outredgeous’, yaitu selada romaine merah, tanaman pertama yang tumbuh di luar angkasa.

Beberapa teknologi lain juga enggak terlalu fiksi, hanya beda level atau masih dalam pengembangan. Seperti Oxygen Generation, Mars Spacesuit atau Mars Rover yang terkenal itu.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/Ue4PCI0NamI" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>