Apa yang terjadi jika kamu tiba-tiba terbangun di tempat asing dan dikelilingi mahkluk-mahkluk mengerikan yang tak pernah kamu lihat sebelumnya. Itulah yang terjadi dalam film besutan Wes Ball yang dibintangi Dylan O'Brien ini.

Cerita THE MAZE RUNNER sendiri dimulai dari seorang remaja, Thomas  yang terbangun di sebuah lift yang gelap dalam perjalanan menuju sebuah ruang bawah tanah. Ia hanya diberitahu bahwa kini mereka sedang berada di sebuah labirin, yang disebut Glade.

Glade merupakan sebuah labirin yang unik. Setiap hari, secara konstan, ia merubah jalan melalui pergeseran tembok-temboknya yang begitu besar dan tinggi. Sehingga tak ada yang bisa keluar dengan menghapalkan jalan dalam labirin tersebut. Alby , Gally terus bertahan hidup dari hari ke hari dalam labirin itu.

Konflik terjadi diantara para remaja yang terjebak di labirin itu. Thomas terjebak permusuhan dengan Gally, namun berteman akrab dengan Newt dan Chuck. Ini konflik komunitas yang tercipta lewat intensitas psikologi orang-orang yang hampir frustasi. Karena ketegangan sesungguhnya justru lebih banyak muncul dalam setiap rencana pelarian dari Glader.

Wess Ball banyak dipuji atas pencapaiannya kali ini. Film  ini merupakan debut Ball dalam membuat film layar lebar. Sebelumnya hanya film-film pendek yang tidak begitu komersil. Bahkan hasil karya Ball kali ini disebut-sebut tak mengecewakan para pembaca novel THE MAZE RUNNER.