"Ketika Tuhan membangun gereja, iblis membangun kapel di sebelahnya," kata pastur yang diperankan oleh William Sadler.

Kebetulan itu juga menjadi tagline dalam poster film horor berjudul The Unholy yang creepy banget tone dan lambang iblisnya.

The Unholy adalah sebuah remake dari film bertajuk sama di 1988 silam. Kali ini produser Sam Raimi yang punya histori horor kece selain trilogi Spider-Man memberikan visinya ke sutradara Evan Spiliotopoulos.



Dalam trailer kita tahu bahwa ada yang nggak beres sama Alice (Cricket Brown), seorang gadis muda cantik yang dijuluki Virgin Mary nyata di era milenial kini karena bisa menyembuhkan orang sakit dan lumpuh.

Karena mitos heboh itu, wartawan gaek yang tengah di ujung karier Gerry Fenn (Jeffrey Dean Morgan) turun menginvestigasi yang malah membuatnya terjebak di sebuah teror horor tanpa henti di lingkup gereja.

Alice ternyata bukanlah mendapat mukjizat dari Bunda Maria, tapi iblis yang menyerupai sosok tersebut.



Mengambil teknik Valak di The Conjuring yang menyerupai biarawati, The Unholy melakukannya dengan lebih ngena creepynya karena menggunakan sosok Maria.

Sepanjang trailer film dari Sony Pictures ini, kumandang senandung Ave Maria versi menyayat seram menghantui. Penampakan horor wanita berkerudung pun bikin hype film ini cukup oke.

Di 1988, The Unholy memang menceritakan iblis wanita penggoda dalam gereja yang memakan korban pastur.

Tapi di sini, cerita sepertinya mengalami modifikasi yang lebih dalam dan jauh. Ada teori bahwa iblis yang menyerupai bunda Maria itu sebenarnya Lilith, queen of demon yang terkenal sebagai mitos dan lambang kesesatan pria.