Bergantungan, terperosot di sebuah pencakar langit di Dubai, kayaknya masih belum cukup menantang bagi Tom Cruise. Setelah aksi mendebarkan dalam Mission Impossible : Ghost Protocol, kini aktor 53 tahun itu kembali bikin orang melongo takjub dalam sekuel terbaru Mission Impossible : Rogue Nation.

Trailernya telah banyak beredar. Yang paling mencolok dalam cuplikan film yang akan tayang di bioskop Indonesia pada 5 Agustus itu tentu saja, adegan Ethan Hunt bergelantungan di pintu pesawat selagi pesawat tersebut sedang take off. Stuntman yang melakukannya? Bukan, Tom Cruise sendiri yang bergelantungan, di bodi pesawat dengan angin kencang dan deru mesin jet.

Di adegan tersebut, Cruise melakukan semua yang dilakukan seorang stuntman. Cruise terikat di harnes dan bergantung menempel di body pesawat selagi take off. Tak ada layar hijau, pesawat benar-benar mengudara. Cruise dengan segala peranti dan prosedur safety ketat, berusaha menghadirkan aksi otentik dengan melakukannya sendiri.

“Yah, itu seperti hari syuting biasa aja di lokasi Mission: Impossible. Tom bergelantungan di bodi samping pesawat! Penting banget buat Tom bahwa orang tahu kalau itu bukan stuntman. Itu menambah tingkat ketegangan saat kita tahu bahwa si aktor sendiri yang melakukannya, karena itu akan melekat di pikiran kita bahwa si karakter yang ada di layar. Oh my god, dia melakukannya. Dia di bodi samping pesawat, dia nyetir mobil itu,” papar Simon Pegg, aktor Inggris yang kembali menjadi lawan main Cruise sebagai teknisi MIF.

Berada sendiri di sana, Pegg menyaksikan sendiri aksi heroik Cruise. “waktu dia akan take off, aku sebenarnya lagi enggak ada jadwal pengambilan gambar. Jadi aku sebenarnya ke pesawat itu cuma buat numpang A400. Eh mereka bilang, ‘Hey kamu mau masuk dan duduk di pesawat?’ Jadi aku ikut satu putaran di kokpit bersama pilot-pilotnya, yang rasanya seru, buat kesenanganku sendiri, dan lalu aku duduk di bagian kargo.... sementara Mr. Cruise ada di bodi samping pesawat! Itu benar-benar hari yang mengesankan, kalau aku bilang.”
Melihat nyali Cruise yang seperti tak ada habisnya, tak hanya takjub, kini Pegg malah sedikit kawatir. Bukan perkara keselamatan, tapi kepuasannya. “Kalau misalnya nanti ada Mission: Impossible 6, ia bakal benar-benar terlibat karena ia sudah enggak bisa mengambil tantangan yang lebih tinggi lagi.”