Film-film action yang dibintangi Tom Cruise selalu ditunggu oleh banyak penikmat film. Belakangan ini mungkin sedang ramai tentang proses syuting Mission Impossible 7 yang banyak tertunda karena corona dan juga tentang bagaimana proses syuting tersebut melakukan banyak adegan berbahaya.

Franchise Mission Impossible emang jadi salah satu franchise film mata-mata paling ikonik selain James Bond. Tom Cruise yang memerankan Ethan Hunt selalu menyajikan berbagai adegan menegangkan yang dilakukan sendiri olehnya tanpa bantuan stuntman.

Tapi film Tom Cruise selanjutnya yang banyak ditunggu-tunggu bukan cuma Mission Impossible, ada Top Gun: Maverick yang udah berkali-kali ditunda karena pandemi. 

Layaknya Mission Impossible, dalam film ini juga Tom Cruise melakukan banyak aksi berbahaya secara langsung. Bahkan, menurut kabar gak ada green screen yang digunakan selama proses syuting!


Miles Teller yang jadi salah satu karakter utama dalam film tersebut mengakui bahwa gak ada green screen yang digunakan selama proses syuting.

“Tidak ada green screen di film ini. Setiap shot gambar, setiap stunt, semuanya adalah hasil dari kerja keras keringat asli para aktor, kami semua melakukannya dengan sungguh-sungguh,” ujar Teller kepada Men’s Journal.

Ini berarti, bukan cuma Tom Cruise yang benar-benar menunggangi pesawat tempur dalam film tersebut, tapi semua aktor dan aktris yang memerankan murid-murid Maverick juga bakal ada di dalam pesawat tempur sungguhan.

Tapi tentu aja, pesawat-pesawat tersebut dikemudikan oleh pilot asli dari Angkatan Udara militer Amerika Serikat. Soalnya secara aturan emang gak mungkin warga sipil diperbolehkan mengendarai kendaraan tempur seperti itu.

Cara agar mereka terlihat seperti mengendalikan pesawat tempur tersebut secara real adalah para aktor ini, termasuk Tom Cruise menempati bangku co-pilot yang ada di belakang pilot utama. Set kamera khusus dipasangkan di hadapan mereka dan membuat para aktor ini seolah-olah sedang mengendalikan kemudi pesawat.

Tapi tetap aja, itu artinya mereka semua terbang sungguhan dan mendapat pelatihan serius dari militer Amerika. Soalnya beberapa waktu lalu juga sempat beredar cuplikan pengambilan gambar di mana pesawat tempur tersebut terbang rendah dekat dengan kru kamera yang berada di tanah.

Dengan seperti ini, akting yang dilakukan bakal kerasa lebih real.

Siapa nih yang gak sabar buat nonton Top Gun: Maverick di bioskop?