Detail cerita untuk Transformers: The Last Knight memang masih dirahasiakan. Tapi sudah ada bocoran yang mengatakan bahwa plot berfokus ketika Autobots ‘pulang kampung’.

Menurut JoBlo, Optimus Prime akan menemukan planet asalnya di Cybertron, yang kini menjadi ‘planet mati.’ Optimus Prime merasa ikut bertanggung jawab atas nasib planet tersebut, lalu mencari cara untuk mengembalikan kondisinya seperti sedia kala.

Dia kemudian berusaha mencari artefak di bumi, yang berkaitan dengan Merlin, ahli mitologi Arthur. Artefak ini memiliki hubungan dengan pedang Merlin, Excalibur.

Ini memungkinkan karena dalam logonya ada gambar pedang. Ada juga kemungkinan Transformers memberikan kekuatan artefak itu pada Merlin.

Ketika Optimus Prime menjalankan misi pribadinya kepemimpinan Autobots dipegang sementara oleh Bumblebee. Hound, Crosshair dan Drift juga akan kembali. Para Autobots kembali ke rumah mereka di Badlands of South Dakota, yang menjadi basis operasi Autobots.

Dalam film arahan sutradara Michael bay ini akan ada tiga Transformers terbaru, termasuk versi original Inggris. Yang pertama adalah The creator, Cogman yang bertransformasi dari Aston Martin, hingga Squeaks yang berasal dari Vespa.

Villain utama dalam film masih Megatron yang kembali dari bentuk pesawat tempur. Transformers: The Last Knight dijadwalkan tayang ke bioskop pada 23 Juni 2017.