Nama besar Tulus berhasil membuatnya mendapatkan banyak kesempatan langka, salah satunya adalah membuat lagu untuk soundtrack. Yup, baru-baru ini, pelantun Sepatu tersebut dipercaya untuk mengarang lagu latar untuk film Indonesia  terbaru yang berjudul 3 Nafas Likas karya Rako Prijanto. Setelah sekian lama, akhirnya Ia berhasil mempersembahkan Lekas dan Untukku untuk dipakai dalam karya yang diadaptasi dari kisah nyata tersebut.

Menciptakan lagu untuk soundtrack sebuah film memang sebuah hal baru untuk Tulus. Dari situlah pemilik nama Muhammad Tulus Rusydi ini belajar banyak tentang makna pentingnya lagu bagi film.

"Menurut gue orang paling gampang ingat visual kalo melihatnya beriringan dengan audio. Kalo kita nonton sambil mendengarkan sesuatu, saat kita mendengarkan saja kita bisa ingat adegan apa yang ditonton. Jadi soundtrack itu penting," kata Tulus saat ditemui di kawasan Kemang Utara, Jakarta Selatan.

Makanya, Tulus nggak main-main dengan lagu yang ia tulis untuk film 3 Nafas Likas ini. Kebetulan ia mendapat kesempatan menonton lebih dulu filmnya sehingga bisa berandai-andai musik dan lirik seperti apa yang bisa mencakup semua elemen cerita dalam durasi 3 menit.

"Gue dikasih kesempatan nonton filmnya lebih dulu. Setelah ngerti ceritanya gue nulis lirik dari cerita keseluruhan, lalu gue pahami. Gue penginnya bikin lagu dalam waktu tiga menit tapi bisa mewakili film secara keseluruhan," tambahnya.

3 Nafas Likas sendiri sudah dirilis 16 Oktober kemarin. Film ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Atiqah Hasiholan, Tissa Biani, Ernest Samudera dan Mario Irwinsyah.