Udah Nonton? Ini 5 Fakta Menarik Soal Film Horor ‘Us’

LAZONE.ID - Film horor kedua Jordan Peele

Film ‘Us’ adalah film horor besutan Jordan Peele yang sebelumnya juga sukses menyutradarai film bertajuk ‘Get Out’. Debut film ’Us’ di bioskop cukup menjanjikan, bahkan mampu menggeser posisi Captain Marvel di Box Office. Sampai saat ini, ‘Us’ bisa dibilang sebagai film horor paling laris ketiga, setelah remake ‘IT’, dan Halloween.

Nah, ngomong-ngomong soal ‘Us’, ternyata ada beberapa fakta menarik dari film genre mix antara horor dan thriller. Berikut gue sajikan buat lo, 5 fakta menarik film ‘Us’!


Terinspirasi dari ‘Twilight Zone’

Film ini terinspirasi dari seri The Twilight Zone episode pertama yang berjudul ‘mirror image’. Ini soal pertemuan seorang perempuan dengan ‘doppelganger’-nya. Nah, terinspirasi dari konsep ini, Jordan Peele menghabiskan waktu setahun untuk bikin naskah film ‘Us’ ini.

Film Low Budget

Ternyata, meski masuk box office dengan pendapatan menjanjikan, film ‘Us’ dibuat dengan budget yang terbilang kecil yang cuma memakan dana sebesar 20 juta dolar atau sekitar 285 juta rupiah. Dalam era perfilman sekarang, dana segitu udah tergolong kecil lho, Bro. Strateginya pinter, modalnya kecil untungnya gede.

Lupita Nyong’o Dipaksa Nonton Horor

Pemeran utama dalam film ini, Lupita Nyong’o dalam menghayati perannya, diberi tugas oleh Jordan Peele untuk menonton 10 film horor sebelum mempersiapkan perannya. 10 film horor yang udah ditonton Lupita itu diantaranya Dead Again, The Shining, The Babadook, It Follows, A Tale of Two Sisters, The Birds, Funny Games, Martyrs, Let the Right One In, dan The Sixth Sense.

Punya Makna yang Lebih Dalam

Jordan Peele emang terkenal bikin film horor lebih dari sekedar untuk nakut-nakutin penonton doang. Film horor Doi dengan judul The Babadook misalnya, mengandung pesan untuk gimana kita bisa nerima perasaan sedih. Termasuk untuk film Us ini, yang punya pesan bahwa kita masing-masing punya ketakutan, dan ketakutan itu sebenarnya kitalah yang membuatnya.

Bukan Soal Isu Rasial

Banyak yang ngira kalo film ini akan bercerita soal isu ras, sebagaimana film Jordan sebelumnya yang berjudul ‘Get Out’. Jordan Peel hanya terpikir belum pernah jadiin keluarga berkulit hitam sebagai sentral sebuah cerita film horor. Makanya ini jadi eksplorasi baru bagi Doi.


Jadi, lo udah nonton Us belum nih, Bro? Filmnya nyeremin banget, kan?