Sebagai induk company dari Marvel Cinematic Universe dan pemilik dongeng legendaris yang mendunia, Disney tampaknya belum berpuas diri.

Sebagai perusahaan superbesar yang kini menguasai Hollywood, mereka siap mengakusisi cerita Dragon Ball dari komik Jepang yang pernah diadaptasi Hollywood dulu dengan sangat mengecewakan.

1. Awal Mula Isu

Laporan ini dimuat dari We Got This Covered dan Reddit, Disney yang kini punya saluran Disney + santer akan menggarap manga tenar itu dalam versi mereka.

Tapi tak mau mengecewakan seperti garapan Hollywood dulu yang digarap oleh 20th Century Fox dengan Dragob Ball Evolution di 2009, Disney akan mengangkat ceritanya kembali ke fitrah alias orisinil dengan aktor-aktor Asia.



Ini bisa jadi langkah besar Disney untuk berhasil mematahkan kutukan bahwa manga Jepang akan kerap sulit memukau di tangan Hollywood.

Dragon Ball adalah cerita paling populer di dunia yang pernah diterbitkan oleh komikus Jepang, Akira Toriyama.

Akira juga menerbitkan cerita populer Jepang lainnya, Dr Slump. Tapi Dragon Ball adalah masterpieces di mana Disney tahu jika film ini digarap dengan benar, maka bisa jadi ladang uang baru.

Sebab, cerita Son Goku Cs sangatlah kompleks dan panjang. Seperti cerita Avengers, maka franchise Dragon Ball adalah uang nyata di masa depan.

Dan langkah itu sekali lagi bisa menasbihkan Disney adalah penguasa Hollywood dengan franchise hero Marvel, Star Wars, Dongeng dan bisa jadi Dragon Ball!

2. Berkaca pada Live-action Gagal dan Sukses



Samurai X dengan garapan tim Warner Bros Jepang adalah kesuksesan yang patut ditiru. Cerita Kenshin Himura bertualang sebagai samurai terhebat di Tanah Sakura dan era Meiji begitu epik diangkat Warner Bros.

Resepnya jitu, memakai kru dan director Jepang asli dan aktor asli Negeri Sakura yang populer.

Dragon Ball Evolution sendiri yang rilis sedekade lalu sangat banjir kritik karena menghadirkan barisan aktor kulit putih, meski pun Dragon Ball adalah DNA Asia totok.

Padahal kala itu filmnya diproduseri Stephen Chow dan didirect oleh James Wong. Dana 30 juta dolar AS untuk penggarapan pun sebenarnya hanya untung tipis karena pemasukan Box Office mereka 58,2 juta dolar AS di mana film ini sah dikatakan gagal.

Menggandeng aktor macam Justin Chtawin dan Emmy Rossum, DB: Evolution adalah contoh adaptasi gagal total.

Meski saat itu ada aktor Asia kawakan legendaris, Chow Yun Fat, tetap saja film ini tidak selamat.

3. Eksekusi Mudah Saja, Lihat X-Men dan Deadpool kini ke MCU

Mudah saja bagi Disney menggarap Dragon Ball. Sebab, Disney pun sudah mengakusisi film Marvel dari Fox dan PH lainnya.

Dragon Ball Evolution pada 2009 lalu adalah proyek Fox, di mana Disney takkan ada masalah sama sekali menggarap cerita mereka, termasuk X-Men dan Deadpool yang telah resmi masuk dalam semesta mereka.

Wah, keren nih lihat Son Goku Cs benar-benar digarap secara serius dan kembali ke fitrah jika Disney berkomitmen menggarapnya merujuk ke kiblat aslinya manga terkenal tersebut.