Aktor Sean Penn saat ini sedang diperiksa pihak berwajib Meksiko setelah menemui buronan paling dicari, Jaquin 'El Chapo' Guzman. Penn berhasil mewawancarai drug lord berbahaya itu selama tujuh jam pada Oktober silam.
 
Menurut Rolling Stone, aktris Meksiko Kate del Castillo berperan menjadi fixer untuk pertemuan Penn dan Guzman. Mereka memilih lokasi pertemuan di hutan pedalaman Meksiko. Sebagai bukti, ada foto dan video saat keduanya berbincang.
 
Guzman sebelumnya juga telah mengirimkan rekaman video, mengatakan pada Penn bahwa dia sudah mencoba untuk menggunakan narkoba tetapi tidak kecanduan. Guzman kemudian tidak menggunakan barang haram itu selama 20 tahun terakhir.
 
Ironisnya, dia menjadi drug kingpin. Guzman mulai menanam dan menjual mariyuana di umur 15 tahun untuk bertahan hidup.
 
 
Guzman ditangkap kembali pada 8 januari lalu oleh otoritas Meksiko, dan dikirimkan ke penjara Altiplano. Guzman pertama kali tertangkap di Guetemala pada 1993 dan diekstradisi ke Meksiko, sebelum melarikan diri dari penjara dengan keamanan maksimum di Jalisco pada 2001 melalui terowongan buatan. Dia telah mengirim orangnya untuk belajar ke Jerman sehingga bisa membuat terowongan tersebut.
 
Belum diketahui apakan wawancara yang dilakukan Penn berhubungan dengan penangkapan sang drug kingpin. Mungkin juga wawancara yang dilakukan Penn ini merupakan tugasnya sebagai aktor, untuk mendalami karakter orang lain, apalagi sosok terkenal dan berpengaruh. 
 
Penn sendiri pernah berperan sebagai anggota mafia dalam film, sementara sosok El Chapo sudah berkali-kali menginsipirasi pembuatan film biografi.