Udah bukan rahasia DC dengan DCEU dan Marvel dengan MCU menggunakan pendekatan yang berbeda dalam membuat film mereka. Kedua semesta film superhero ini punya fanbase masing-masing yang cukup kuat dan punya pendapat mereka tentang masing-masing universe serta kelebihan dan kekurangannya. Kini, giliran Zack Snyder yang menggarap film-film DCEU mengatakan pendapatnya.

Mengarahkan 3 film DC seperti Man Of Steel, Batman v Superman, dan Justice League tentu bikin sutradara satu ini cukup kredibel kalau ngomongin tentang karakteristik film DC. Belum lama ini, dirinya menyatakan bahwa film-film DC gak bisa dan gak seharusnya sama dengan Marvel.

Apa alasannya?


Alasan Zack Snyder cukup sederhana, Marvel dengan MCU sudah ada lebih lama daripada DCEU. Mereka bakal memperkenalkan multiverse setelah membangun universe sendiri yang punya pondasi cukup kuat. DCEU gak bisa tiba-tiba mengikuti langkah Marvel dalam membuat multiverse karena mereka harus melakukan pengenalan-pengenalan mendasar terlebih dahulu.

Bukan lagi soal humor atau tone cerita serta warna yang kelam. Hal yang paling penting adalah soal karakter. Meski serial tv DC yang ada di CWTV udah cukup populer dan mereka punya serial animasi yang gak kalah populer, masih banyak penonton belum bisa merasakan simpati dan mengenal sosok-sosok yang ada di layar lebar. The Flash versi serial dan versi bioskop punya pendekatan yang beda juga dalam penokohan jadi tetap harus ada perkenalan yang lebih menonjol dari karakter-karakter yang ada.

Zack Snyder sendiri sekarang sedang merampungkan proyek Justice Snyder Cut yang bakal tayang tahun depan di HBO Max. Versi Snyder Cut sendiri bakal ‘memperbaiki’ Justice League yang udah rilis beberapa tahun lalu dari berbagai aspek.

Jadi, apakah lo ada di tim DCEU atau MCU, Bro?