Band Ini Gak Pede Bikin Lagu, Kenapa Ya?

LAZONE.ID - Menurut mereka, jadi banyak yang harus dipertimbangkan.

Sebagai band indie yang udah berdiri sejak lama, ERK punya basis penggemar mereka sendiri. Gimana gak? Kiprah mereka bukan cuma dalam negeri, tapi juga merambah mancanegara, Bro.

Seperti yang lo tau, bahwa ERK memutuskan buat bikin band yang menyajikan kritik-kritik terhadap permasalahan sosial di dalamnya. Ini mereka lakukan karena menurut Cholil, masalah-masalah sosial adalah masalah yang bakal dihadapi setiap orang dalam keseharian, ini juga didukung dengan pendapatnya bahwa musik adalah sebagai sebuah wadah untuk berekspresi tentang keseharian seseorang.

Dalam bikin lagu, Cholil ngaku sering banget stuck dan kehabisan kata-kata untuk mengekspresikan pikirannya. Dirinya menyebut hambatan tersebut sebagai writer’s block.

Cholil pernah merasa pada fase bahwa ERK susah bikin lagu justru karena mereka terkenal. Loh, kok bisa?

Dalam sebuah wawancara, Cholil pernah mengungkapkan sedikit penyesalannya ketika sudah terkenal.

“Dulu saya ga mempertimbangkan apapun dalam menulis. ERK yang dulu bukan ERK yang sekarang. Dulu saya tidak pernah didengar orang. Tapi ya untuk album ketiga pada akhirnya ga bisa bohong juga. Saya ga bisa pura-pura ga pernah bikin albumnya. Sangat ingin seperti dulu lagi ketika menulis lagu itu tanpa beban,” ujar Cholil.

Soalnya, dirinya sempat takut bahwa lagu yang mereka buat dianggap cuma memanfaatkan sebuah situasi politik tertentu. 

“Akhirnya saya sangat berusaha tidak mempertimbangkan semua itu. Saya ga tau yang lain mikirin itu atau ga, tapi saya jelas mikirin,” tambah Cholil.

 

Efek Rumah Kaca juga sekarang lagi sibuk karena jadwal manggung yang padat dari satu festival ke festival lainnya. Salah satunya di FestivaLAnd Palembang nih, Bro. Lo bisa liat aksi panggung mereka di FestivaLAnd Palembang yang bakal digelar tanggal 13-15 September ini. Jangan sampe kelewatan, Bro!