EDM Bukan Sekedar Musik, Its Way of Life

LAZONE.ID - Electronic Dance Music atau biasa disingkat EDM mulia menunjukkan keberadaanya pada industri musik di Indonesia.

Electronic Dance Music atau biasa disingkat EDM mulia menunjukkan keberadaanya pada industri musik di Indonesia. Jika dulu dianggap eksklusif, namun kini sudah mulai diterima dan bukan menjadi hal yang asing lagi.

Keberadaan EDM di Indonesia sebenarnya cukup lama, mulai dari era house music, namun dari tahun 2011 hingga sekarang musik ini booming kembali dan berkembang pesat. Bebrapa DJ pun bermunculan, mulai dari muka baru bahkan kalangan artis pun juga melirik profesi ini. Tak sedikit DJ tanah air yang mulai merambah go internasional seperti Dimas Angger, Midnight Quickie, DJ Yasmin dan masih banyak lagi.

Secara sporadis EDM mulai tersebar tak hanya di kota besar, beberapa kota lainnya juga menghasilkan DJ-DJ handal yang bermain di beberapa event dan menghasilkan album. Sama halnya di luar negeri sana yang kini mulai berafiliasi dengan musisi pop yang akhirnya diterima dengan baik di pasar.

Perkembangan EDM menjadi lengkap dan bertumbuh subur dengan banyaknya gigs yang digelar di cafe, bar hingga pub. Belum lagi festival-festival bertaraf internasional besar yang telah digelar setiap tahunnya seperti Djakarta Warehouse Project, Dreamfields dan beberapa event dari luar yang digelar di Indonesia.

EDM seoalah menjadi bagian hidup kaum urban saat ini yang membutuhkan musik sebagai teman untuk melepas lelah sekaligus gaul. EDM juga masuk ke dalam event berbeda seperti running yang saat ini ngehits hingga merambah ke pensi sekolah.