Fakta Barasuara yang Belum Lo Tau, Bro

LAZONE.ID - Band rock satu ini bakal jadi pengisi acara FestivaLAnd selanjutnya nih, Bro.

Nama Barasuara mungkin udah gak asing buat penikmat musik di tanah air. Band asal Jakarta ini terbentuk pada tahun 2012 lalu hasil inisiatif dari sang vokalis, Iga Massardi. Pencarian anggota dimulai dengan Iga yang ngajak Sandi Kusumaningtyas (TJ Kusuma) untuk bikin grup musik. Saat ngajak Tije ini, Iga menceritakan ide lagu belum berjudul yang kelak menjadi lagu “Nyala Suara”. 

Band ini sendiri punya formasi Iga Massardi (Vocal, Guitar), TJ Kusuma (Guitar), Gerald Situmorang (Bass), Marco Steffiano (Drum). Dilengkapi dua penyanyi wanita pengiring, Asteriska dan Puti Chitara.

Uniknya Bro, pada beberapa bulan awal terbentuknya Barasuara, mereka gak pernah manggung sama sekali. Menurut Iga, ini untuk memperkuat pondasi bermusik mereka supaya siap manggung dengan kualitas yang baik.

“Sebetulnya di bulan-bulan pertama Barasuara latihan sudah bisa manggung secara teknis. Cuma, band yang bermain tiga bulan dengan band yang bermain tiga tahun kan punya hasil yang berbeda,” kata Iga.

 

Iga Massardi yang drop-out dari kampus.

Ternyata Bro, Iga Massardi yang jadi vokalis sekaligus pentolan band ini sempet drop-out dari kampusnya. Menurutnya, ini jadi titik balik dalam hidup pria tersebut. Soalnya, dirinya membulatkan tekad untuk mendalami musik dan menjadi seorang musisi.

 

Gerald Situmorang yang sempet pengen jadi pemain sepak bola.

Gerald Situmorang pada tahun 2018 lalu mendapatkan penghargaan di AMI Awards untuk kategori Karya Produksi Instrumentalia Terbaik. Pria nyentrik yang satu ini ternyata awalnya punya cita-cita yang jauh banget dari dunia musik yaitu  menjadi pemain bola. Dirinya bahkan masuk ke sekolah sepak bola demi memenuhi cita-citanya tersebut. Tapi, semasa sekolah dia mengurungkan niatnya tersebut dan berkenalan dengan dunia musik lewat gitar. Gerald ngaku gak pernah kepikiran bakal jadi musisi walaupun seneng banget mainin alat musik.

 

TJ Kusuma yang ngerasa “jatuh” saat tau bahwa Ben Affleck bukan lagi Batman.

Di antara semua personil Barasuara, mungkin TJ adalah orang yang paling punya kegemaran terhadap karakter superhero. TJ ini ngefans banget sama karakter Batman dan juga salah satu penggemar Ben Affleck sebagai pemeran Bruce Wayne. Dirinya ngerasa kecewa banget ketika tau bahwa Ben Affleck mundur dari peran tersebut, ditambah dengan juga mundurnya Zack Snyder sebagai sutradaranya. Soalnya, Tije menilai bahwa Zack Snyder adalah sosok yang paling tepat untuk jadi sutradara film The Dark Knight tersebut di semesta film DC.

Sejak awal terbentuknya, Barasuara sibuk dengan konser-konser on air maupun off air. Salah satunya adalah dalam waktu terdekat, mereka bakal manggung di FestivaLAnd Purwokerto  pada tanggal 18-20 Oktober. Jangan lupa ajak temen-temen lo buat seru-seruan bareng di sana ya, Bro!