Hadir di festival musik emang seseru lo bisa ngumpul bareng temen-temen dan dan festival musik biasanya bukan cuma seru, tapi juga ikonik, dimana lo bisa dengerin langsung musik dari genre pop, rock, jazz, hingga EDM dari panggung ke panggung. Tahun 2024 bakal jadi saatnya para pecinta musik dari seluruh dunia, termasuk lo, menyaksikan deretan festival musik terbesar di dunia. Acara-acara ini nggak cuma sekadar konser, tapi sebuah ekspresi budaya melalui musik yang mengumpulkan ribuan, bahkan jutaan, penonton di venue-venue spektakuler, dari We The Fest yang penuh dengan warna pop dan indie,Sheila on 7 yang penuh kemeriahan dan nostalgia, dan festival-festival musik besar lainnya.

banner-ads

Dalam artikel ini, kita bakal ngulik lebih dalam tentang apa aja sih yang bakal jadi highlight di festival musik terbesar di dunia tahun 2024. Lo bakal dapet info lengkap mulai dari line up, tanggal pelaksanaan, genre musik yang ditampilkan, hingga review singkat dari festival musik internasional yang megah dan masih banyak lagi. Persiapkan diri lo untuk acara-acara yang nggak hanya menyuguhkan penampilan live dari band dan penyanyi lokal maupun internasional, tapi juga pengalaman yang bakal ngasih dampak besar buat ingatan musikal lo di tahun 2024!

​​Festival Musik di Indonesia (Juni - Desember 2024)

1. We The Fest 2024

Wethefest, adalah Festival Musik Terbesar di Indonesia & Dunia 2024ALT: We The Fest 2024

Baca Juga: Serunya Line Up We The Fest 2024 dan Tips Persiapannya!

We The Fest 2024, yang sering disingkat WTF24, diadakan oleh Ismaya Live, festival ini menandai edisi ulang tahunnya yang ke-10 dan terus membawa keberagaman serta inklusivitas dalam skena festival Indonesia.

Lokasi dan Tanggal
Festival ini akan berlangsung pada tanggal 19, 20, dan 21 Juli 2024 di Kompleks Olahraga GBK Senayan Jakarta Pusat, Indonesia. Ini adalah waktu yang sempurna untuk berkumpul dan merasakan musik dari berbagai genre dalam satu tempat yang spektakuler.

Highlight


SOURCE: Wethefest

We The Fest 2024 akan menampilkan DJ dan produser terkenal, Peggy Gou, yang akan melakukan penampilan utama pertamanya di sebuah festival di Indonesia. Selain itu, Omar Apollo dan Turnstile juga akan membuat debut yang sangat dinantikan. Festival ini juga akan menampilkan musisi internasional seperti Alec Benjamin, Henry Moodie, dan banyak lagi, yang menjanjikan pengalaman musikal yang beragam dan menarik.

Baca Juga: Jangan Lewatkan 29 Juni 2024, Debat Skena Jaksel vs Jaktim!

Nggak cuma itu, We The Fest bangga mempersembahkan line up musisi Indonesia yang luar biasa. Dari talenta baru yang layak dijelajahi hingga nama-nama legendaris yang telah beberapa kali tampil di We The Fest, seperti Nadin Amizah dan The Sigit, semua akan membawa sesuatu yang baru dan spesial untuk penampilan mereka.

Kategori Tiket
Ada dua kategori tiket untuk pass tiga hari: General Admission (GA) dan Very Important Banana (VIB). Tiket GA tersedia dalam dua tingkatan: GA-Early Entry, yang mengharuskan pembeli tiba di lokasi sebelum pukul 17:00 setiap hari, dan GA-Presale, yang memungkinkan pembeli tiba kapan saja. Untuk pengalaman yang lebih spesial, pembeli dapat memilih tiket kategori VIB yang menawarkan berbagai fasilitas menarik dan kenyamanan lebih dalam menikmati acara secara keseluruhan.
Dan untuk semua informasi update lainnya soal We The Fest, lo bisa dapetin di sini.

2. Sheila on 7 - Tunggu Aku Di

Bold Music mempersembahkan konser Sheila On 7 yang bertajuk "Tunggu Aku di" 2024 merupakan salah satu konser yang paling dinanti-nantikan oleh para penggemarnya. Band legendaris Indonesia ini akan menggelar tur konser di berbagai kota besar di Indonesia, termasuk Samarinda, Makassar, Medan, Pekanbaru dan Bandung.

Konser ini diharapkan akan membawa nostalgia dengan penampilan hits-hits besar Sheila On 7 dari masa ke masa, serta lagu-lagu terbaru mereka. Penggemar dapat menantikan pertunjukan yang spektakuler dengan tata panggung yang megah dan sound system yang memukau.

Baca Juga: Raisa Ngarep Kolaborasi Bareng Sheila On 7

Lokasi dan Tanggal
Tanggal dari konser Sheila on 7 “Tunggu Aku Di” adalah:

  • 27 Juli – Samarinda
  • 10 Agustus - Makassar
  • 31 Agustus – Pekanbaru
  • 14 September – Medan
  • 28 September – Bandung

Nih Jadwal Konser Sheila On 7 'Tunggu Aku Di', yang bisa lo cek detilnya konser ini dengan sekali klik!

Highlight
Konser band Indonesia mana yang sampai di war segitunya oleh para fans? Emang nggak salah sih kalo nyebut Sheila on 7! War tiket konser Sheila On 7 tur "Tunggu Aku di 2024" terjadi tentunya diminati banget sama para penggemar. Tiket dijual secara daring melalui situs resmi tungguakudi.com dan platform Loket.com. Antusiasme sangat tinggi, dengan banyak penggemar berusaha mendapatkan tiket segera setelah penjualan dibuka.

3. Synchronize Festival 2024

Synchronize Festival 2024, yang bakal diadakan pada 4-6 Oktober 2024, adalah salah satu festival musik terbesar di Indonesia dengan tema "Together Bersama". Festival ini akan menampilkan beragam musisi dari dekade 60-an hingga musisi terbaru tahun 2000-an, menjanjikan sebuah perayaan musik yang nggak terlupakan.

Lokasi dan Tanggal
Acara ini akan berlangsung di Gambir EXPO Kemayoran, Jakarta, yang terletak di Jalan Benyamin Suaeb No. 1, Pademangan Timur, Kota Jakarta Pusat.

Highlight

Synchronize Festival 2024, Festival Musik Terbesar di Indonesia & Dunia 2024SOURCE: Line Up Synchronize Fest 2024

Berikut adalah daftar lineup fase pertama untuk Synchronize Festival Musik 2024:

  • Burgerkill "Killchestra" - Grup band metal asal Bandung ini akan menampilkan konsep orkestra membawakan album mereka bertajuk "Killchestra".
  • Dewi Perssik feat. Aldi Taher - Mantan pasangan sensasional ini akan tampil dengan konsep full band.
  • Haddad Alwi feat. Sulis "Cinta Rasul" & Yasmin - Membawa kembali memori lagu-lagu Islami yang fenomenal di akhir 90-an dan awal 2000-an.
  • Inbox SCTV - Kolaborasi dengan program musik populer dari SCTV yang menghadirkan konsep autentik lengkap dengan permainan dan penampilan khas.
  • Omo Kurut - Aktivis seni yang akan tampil sebagai DJ.
  • POTLOT JAM - Menampilkan musisi legendaris dari Potlot seperti Anang Hermansyah dan Slank dalam satu panggung.
  • Prontaxan - Kelompok musik funkot asal Yogyakarta yang akan menampilkan pertunjukan retrospektif budaya musik funkot.
  • Rakis Dawai Melantun Ajep - Musisi asal Riau yang memainkan lagu-lagu kartun Jepang dengan aransemen nada melayu.
  • The Bandells - Grup musik anak-anak yang mengeksplorasi gaya rock noise.
  • Timnas Jatiwangi - Grup musik kontemporer dengan alat musik yang terbuat dari atap genteng​.
  • Festival ini tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati musik, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat semangat kebersamaan dan mendukung industri kreatif Indonesia.

Cara Mendapatkan Tiket
Tiket Early Bird untuk Synchronize Fest 2024 akan mulai dijual pada 28 Desember 2023 pukul 19:00 WIB. Tiket ini tersedia melalui situs resmi festival dengan harga Rp500.000, sudah termasuk pajak dan ongkos kirim. Setiap pembelian tiket Early Bird akan mendapatkan t-shirt edisi khusus dari Synchronize Fest secara gratis.

​​Festival Musik Dunia (Juni - Desember 2024)

1. Essence

Festival Musik ESSENCE Festival Musik Terbesar di Indonesia & Dunia 2024SOURCE: Eventbrite

Festival Musik ESSENCE, juga dikenal sebagai ESSENCE Festival of Culture, adalah perayaan tahunan yang diadakan di New Orleans, Louisiana. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1995 untuk merayakan ulang tahun ke-25 majalah ESSENCE, sebuah publikasi yang berfokus pada kehidupan dan budaya perempuan Afrika-Amerika. Sejak itu, festival ini telah berkembang menjadi salah satu acara musik dan budaya terbesar di Amerika Serikat, menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Festival ini biasanya berlangsung selama akhir pekan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat pada awal Juli dan mencakup berbagai acara termasuk konser musik, seminar, pameran seni, dan lokakarya. Selain itu, ESSENCE Festival juga menghadirkan penampilan dari berbagai artis musik terkemuka di genre R&B, hip-hop, soul, dan jazz.

Tahun ini, Festival Musik ESSENCE mengusung tema "Loving on Us" untuk merayakan 30 tahun keberadaannya.

Lokasi dan Tanggal
Festival ini akan berlangsung dari tanggal 4 - 7 Juli 2024 di Caesars Superdome, New Orleans, Louisiana​.

Highlight
Lineup utama untuk ESSENCE Festival 2024: Usher: Akan tampil dengan penampilan spesial untuk merayakan ulang tahun ke-20 albumnya yang ikonik, "Confessions". Janet Jackson, Charlie Wilson, The Roots, Ari Lennox, Mickey Guyton, dan T. Pain, Victoria Monét, Busta Rhymes, D-Nice, dan lainnya.

2. Tomorrowland

Tomorrowland 2024 Festival Musik Terbesar di Indonesia & Dunia 2024SOURCE: We Rave You

Tomorrowland 2024 bakal mengusung tema 'LIFE' yang merupakan prekuel dari tema 'Elixir of Life' pada 2016. Konsep 'LIFE' ini bakal membawa lo kembali ke era Silvyra yang penuh kehidupan alami, tepat saat konjungsi dua bulan terjadi. Siap-siap untuk merasakan sensasi magis yang bakal bikin lo terpesona!

Dengan lebih dari 800 musisi yang siap memukau, line-up Tomorrowland 2024 dijamin bakal bikin lo nggak bisa diem! Beberapa nama beken yang bakal tampil antara lain: David Guetta, Swedish House Mafia, Afshin Momadi, DJ Diesel (Shaquille O'Neal), Gryffin, dan lainnya.

Dan juga lebih dari 40 host panggung berbeda, Tomorrowland 2024 dijamin bakal menyajikan segala genre musik elektronik yang bisa lo nikmati. Selain nama-nama beken seperti Afterlife, Bonzai, Brownies & Lemonade, Drumcode, EXHALE, Glitterbox, Lost Frequencies & Friends, Monstercat, Rampage, UKF, Smash The House, Teletech, dan V Sessions, lo juga bakal bisa menjelajahi suara-suara baru yang segar!

Lokasi dan Tanggal
Festival yang selalu dinanti-nantikan penduduk bumi ini bakal menggebrak Belgia dengan edisi ke-20 yang super spesial. Digemborkan sejak Mei 2024 lalu, acara ini bakal digelar di De Schorre, Boom pada 19-21 Juli dan 26-28 Juli 2024, menghadirkan lebih dari 800 musisi elektronik terbaik dunia di 16 panggung yang bikin semua terpana.

Highlight
Selain lineup yang menggiurkan, Tomorrowland 2024 juga bakal menerapkan beberapa inisiatif ramah lingkungan yang keren. Salah satunya adalah kereta tidur Eropa bernama 'Train of Amicorum' yang bakal membawa pengunjung dari Praha dan Berlin ke Belgia. Inisiatif ini bakal mengurangi jejak karbon acara tersebut.

Tiket Tomorrowland 2024 Terjual Habis dalam Sekejap!
Bro, jangan kaget kalau tiket Tomorrowland 2024 terjual habis dalam waktu singkat. Pada penjualan harga tiket pre-order di bulan Februari lalu, 200.000 tiket langsung ludes dalam waktu 27 menit! Jadi, kalau lo nggak mau ketinggalan pesta elektronik paling epik tahun ini, catat tanggalnya dan siapkan diri dari sekarang!

Akan ada penghormatan khusus untuk Frankie Beverly & Maze serta momen "passing of the torch" yang dikuratori oleh produser dan penulis lagu pemenang Grammy, Bryan-Michael Cox​.

3. Summer Sonic 2024

Summer Sonic 2024 Festival Musik Terbesar di Indonesia & Dunia 2024SOURCE: Summer sonic

Summer Sonic adalah festival musik tahunan yang diadakan di Jepang, dengan edisi baru yang akan diadakan di Thailand pada tahun 2024. Festival ini dikenal sebagai salah satu festival musik terbesar dan paling terkenal di Asia, menampilkan beragam genre musik dari rock, pop, hingga elektronik.

Festival ini biasanya berlangsung selama dua hari di dua lokasi utama, yaitu Tokyo dan Osaka. Pada tahun 2024, Summer Sonic akan memperluas jangkauannya ke Bangkok, Thailand, menandai pertama kalinya festival ini diadakan di luar Jepang.

Beberapa ciri khas dari Summer Sonic adalah line-up artis internasional dan lokal yang beragam, produksi panggung yang spektakuler, serta suasana festival yang menyatukan penggemar musik dari berbagai belahan dunia. Festival ini menarik perhatian besar dari para pecinta musik dan sering kali menampilkan beberapa nama besar di industri musik global.

Lokasi dan Tanggal

  • Tokyo, Jepang
Tanggal: 17-18 Agustus 2024
Lokasi: ZOZO Marine Stadium dan Makuhari Messe​
  • Osaka, Jepang
Tanggal: 17-18 Agustus 2024
Lokasi: Expo '70 Commemorative Park​
  • Bangkok, Thailand
Tanggal: 24-25 Agustus 2024
Lokasi: IMPACT Challenger Hall, Nonthaburi​

Highlight
​​Ini adalah pertama kalinya Summer Sonic diadakan di Thailand, menandai ekspansi festival ini ke Asia Tenggara setelah sukses di Jepang​.

Peluncuran Summer Sonic Bangkok 2024 didukung oleh pemerintah Thailand. Dalam konferensi pers pengumuman, Perdana Menteri Thailand dan Duta Besar Jepang untuk Thailand turut hadir, menunjukkan betapa pentingnya acara ini dalam mempromosikan pertukaran budaya antara Thailand dan Jepang.

Festival ini akan menampilkan kombinasi artis internasional dan lokal. Beberapa artis terkenal yang akan tampil termasuk Lauv, Yoasobi, Aurora, Laufey, dan Nothing But Thieves. Artis lokal seperti Bright Vachirawit, Violette Wautier, dan band Bodyslam dengan tamu spesial BABYMETAL dan F. Hero juga akan meramaikan panggung​.

Tiket Summer Sonic 2024

Dapetin VIP Experience by LAzone.id untuk Summer Sonic 2024

Mau ikut ke Bangkok gratis dan nonton Summer Sonic 2024? Jangan lewatkan kesempatan emas ini! Dapatkan tiket undian dari program LAventure yang dipersembahkan oleh LAzone.id.

Gimana caranya ikut? Ikuti program seru LAventure dari LAzone.id yang berlangsung dari 29 April hingga 7 Juli 2024, di spot-spot keren pilihan kami di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan. Detailnya bisa lo cek di Dapetin VIP Experience by LAzone.id ke Summer Sonic 2024. Selamat memenangkan!

4. Lollapalooza 2024

Lollapalooza 2024, Festival Musik Terbesar di Indonesia & Dunia 2024SOURCE: 94.7 WLS-FM

Lollapalooza adalah sebuah festival musik tahunan yang diadakan di berbagai kota di seluruh dunia. Festival ini pertama kali digagas oleh Perry Farrell, vokalis band Jane's Addiction, pada tahun 1991. Awalnya dimulai sebagai tur perpisahan untuk Jane's Addiction, Lollapalooza kemudian berkembang menjadi salah satu festival musik terbesar dan paling berpengaruh di dunia.

Festival ini terkenal karena menampilkan berbagai genre musik, termasuk rock alternatif, heavy metal, punk rock, hip hop, dan elektronik. Selain pertunjukan musik, Lollapalooza juga menyajikan instalasi seni, tarian, dan berbagai kios makanan yang menjual hidangan beragam.

Lollapalooza telah diadakan di beberapa kota besar, termasuk Chicago, Berlin, São Paulo, Buenos Aires, dan Santiago. Festival ini menjadi platform penting bagi musisi baru untuk menampilkan karya mereka dan juga menghadirkan penampilan dari beberapa artis terbesar di dunia.

Lokasi dan Tanggal
Lollapalooza 2024 akan diadakan di beberapa lokasi berikut dengan tanggal yang berbeda: Chicago, Illinois, USA Tanggal: 1-4 Agustus 2024 Lokasi: Grant Park . Berlin, Jerman Tanggal: 7-8 September 2024 Lokasi: Olympic Park & Olympic Stadium.

Highlight
Lollapalooza 2024 akan menampilkan beberapa elemen unik yang membuat festival ini semakin menarik:

  • Kembalinya Skrillex: Skrillex akan tampil di Perry’s Stage setelah sepuluh tahun absen dari festival ini. Dia akan bergabung dengan artis EDM lainnya seperti Zeds Dead, FISHER, dan Zedd​.
  • Penampilan Khusus Stray Kids: Boyband K-pop Stray Kids akan membuat debut yang sangat dinantikan di Lollapalooza Chicago, menambah variasi genre musik di festival ini​.
  • Kolaborasi Unik: Di antara banyak kolaborasi menarik, festival ini akan menampilkan Vince Staples dan Killer Mike, memberikan warna hip hop yang kuat pada lineup tahun ini​.
  • Pengalaman RV Trip: Lollapalooza 2024 mempromosikan pengalaman RV trip sebagai alternatif menarik untuk penginapan hotel. Ini memberikan kenyamanan dan mobilitas, memungkinkan pengunjung untuk lebih dekat dengan aksi festival dan menikmati komunitas festival yang hidup.
  • Perry’s Stage: Selain Skrillex, Perry’s Stage akan menampilkan berbagai artis elektronik besar seperti Galantis, Alok, dan Four Tet, menambah energi elektronik ke dalam festival ini​.