Ganti Formasi 8 Kali dan 3 Hal yang Harus Lo Tau dari Float

LAZONE.ID - Mereka juga salah satu band indie yang bertahan lama di Indonesia.

Industri musik indie di Indonesia sekarang lagi rame, Bro. Tapi fenomena band indie yang melejit namanya ini bukan fenomena baru sebenernya, salah satunya adalah Float, band indie yang tergolong udah lumayan senior di dunia musik Indonesia.

 

Berawal dari solo project

Mereka berdiri sejak 2004 yang berawal dari Hotma “Meng” Roni Simamora, seorang vokalis, gitaris, dan penulis lagu yang ditawarin sebuah proyek oleh Windra “Bonthel” Benyamin. Formasi awal band ini sendiri adalah Meng, Bonthel, dan Raymond Agus Saputra. 

Proyek penggarapan album ini sempat ketunda beberapa kali sampe akhirnya Bonthel mengubah solo project jadi sebuah band, Meng pun mengiyakannya. 

 

Dapet penghargaan dari soundtrack film indie

eka pun pertama rilis mini album pada tahun 2005. Mini album tersebut mereka namai “No-Dream Land” dan merilisnya secara independen. Lalu Mira Lesmana yang pada itu ternyata ada di antara penonton salah satu konser mereka tertarik untuk mengisi sebuah film berjudul “3 Hari Untuk Selamanya” yang rilis pada tahun 2007. Dengan album soundtrack itu Float dapet penghargaan di ajang MTV Indonesian Movie Awards untuk Best Theme Song and Abhinaya Trophy untuk Soundtrack Terbaik di ajang Jakarta Film Festival. Kedua penghargaan itu mereka dapat di tahun yang sama, Bro.


 

 

Sempat “bubar” buat mengurus proyek masing-masing

Setelah dapet dua penghargaan sekaligus pada setahun sebelumnya, pada awal 2008 masing-masing anggota Float mutusin buat ngerjain proyek mereka masing-masing. Meng pun lanjutin Float sendirian dengan ngerjain lagu-lagu barunya. Setelah vakum selama 2 tahun, akhirnya Meng bentuk tim baru dan rilis single dengan judul “I.H.I” pada 2011.

Setelah ini formasi mereka terus berubah-ubah sampai pada akhirnya pada 2013 mereka balik lagi dengan formasi awalnya yaitu Meng, Bonthel, dan Remon. 

Mungkin di antara lo ada yang kangen sama band indie yang satu ini, Bro? Jangan kuatir, mereka bakal manggung nih di FestivaLAnd Pontianak 16-18 Agustus nanti, lo juga bisa ajak temen-temen lo buat nonton mereka dan banyak musisi keren lainnya di sana !