Genius Menuduh Google Nyuri Lirik Tanpa Ijin?

LAZONE.ID -

Google emang udah jadi lokasi pencarian lirik paling umum yang dikenal banyak orang, tapi sayangnya Genius mengklaim bahwa raksasa mesin pencari itu mengangkat lirik tanpa izin. Dalam laporan baru dari Wall Street Journal, perwakilan dari Genius mengatakan lirik situs "watermarked" muncul di Google. Perwakilan dari Google mengatakan perusahaan saat ini sedang menyelidiki klaim Genius.

"Selama dua tahun terakhir, kami telah menunjukkan bukti yang tak terbantahkan kepada Google berulang-ulang bahwa mereka menampilkan lirik yang disalin dari Genius dalam Lirik OneBox mereka," kata Chief Strategy Officer Genius, Ben Gross dalam sebuah pernyataan. "Ini adalah masalah serius, dan Google perlu mengatasinya.”

Google campus in Mountain View, California (AMY OSBORNE/AFP/Getty Images)

Atas pernyataan Genius ini, perwakilan Google memberikan pernyataan bahwa,  "Lirik yang ditampilkan dalam kotak informasi di Google Search dilisensikan dari berbagai sumber dan tidak dikerok dari situs di web," kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan. “Kami memperlakukan kualitas data dan hak-hak pembuat dengan sangat serius, dan meminta pertanggungjawaban mitra lisensi kami terhadap ketentuan perjanjian kami. Kami sedang menyelidiki masalah ini dengan mitra data kami dan jika kami menemukan bahwa mitra tidak menjunjung tinggi praktik yang baik kami akan mengakhiri perjanjian kami. "

Google mengatakan hasil liriknya berasal dari kemitraan lisensi dengan perusahaan Kanada LyricsFind. "Kami tidak mencari lirik dari Genius," kata Kepala Eksekutif LyricFind Darryl Ballantyne kepada Wall Street Journal dalam sebuah pernyataan.