Ini Bentuk Alat Musik yang Pertama Kali Diciptakan

LAZONE.ID - Diperkirakan berusia puluhan ribu tahun!

Perkembangan dunia musik tentu gak lepas soal gimana musik itu dihasilkan. Tentunya melalui sebuah alat atau instrumen musik. Terus, lo pernah penasaran gak sih, Bro? Gimana sih bentuk instrumen musik tertua atau yang pertama kali ditemukan di dunia?

Alat musik pertama itu ditemukan tahun 1995 di taman arkeologi Divje Babe, Slovenia. Bentuknya seperti fragmen femur yang punya beberapa lubang. Diperkirakan sudah ada sejak 40 ribu sampai 60 ribu tahun yang lalu, Bro. sesuai tempatnya ditemukan, alat musik ini dinamai seruling Divje Babe.

Bahan alat musik ini terbuat dari tulang dengan lubang khas seruling terukir sempurna di tengah-tengah instrumen. Namun, ada kontroversi soal alat musik ini di tengah-tengah ilmuwan, Bro.

Ilmuwan kayaknya gak mau menerima kalau orang Neanderthal, orang yang hidup 40 ribu sampai 60 ribu tahun lalu bisa memainkan alat musik. Lubang di tulang tersebut menurut mereka terbentuk alami atau bekas gigitan hewan. Tapi kenapa lubangnya sempurna sekali ya, Bro?

Nah, kalau bisa dibuktikan instrumen tersebut adalah alat musik, hal ini bisa membantah kalau orang-orang Neanderthal adalah makhluk primitif. Bisa dibilang orang-orang Neanderthal adalah manusia kompleks layaknya manusia jaman modern ini, bro.

Kalau menurut lo, seruling Divje Babe beneran instrumen musik atau hanya tulang dengan lubang yang terbentuk alami, Bro?