Isu Rasis yang Jadi Momok Buat Industri Musik Dunia

LAZONE.ID - Industri musik dunia udah berabad-abad dihuni sama berbagai ras, agama dan suku budaya. Tapi isu rasis tetap aja sering terjadi baik di atas atau di bawah panggung.

Industri musik dunia udah berabad-abad dihuni sama berbagai ras, agama dan suku budaya. Tapi isu rasis tetap aja sering terjadi baik di atas atau di bawah panggung.

Rihanna jadi salah satu musisi yang kerap jadi korban rasis. Pelantun 'Diamond' itu ngaku pada awal kariernya ia kerap diraguin karena warna kulitnya.

"Banyak orang yang cuma ngelihat gue dari warna kulit dan nge-judge gue. Padahal mereka nggak kenal gue, dan nggak tahu seperti apa gue," ucapnya kepada New York Times.

Penyanyi asal Barbados itu pun awalnya emang terganggu sama isu rasis. Tapi lama kelamaan semuanya bisa dihadapinya dengan kepala tegak, diikuti dengan prestasi yang terus ditelurin oleh Rihanna.

Nggak cuma musisi berkulit hitam aja yang juga jadi korban rasis. Musisi kulit putih kayak Eminem dan Iggy Azalea pun jadi korban diskriminasi warna kulit.

Mereka yang berkulit putih dan juga rapper disebut nggak pantes nyemplung ke industri musik RnB yang disebut 'dikuasai' musisi kulit hitam. Teganya lagi, ucapan itu nggak cuma muncul dari komunitas tertentu tapi justru dari musisinya sendiri.

Contoh kasus seperti Iggy Azalea dan Azealia Banks. Azealia sering ngelontarin kata-kata rasis yang ngejek Iggy yang intinya ya kulit putih nggak pantes jadi rapper.

Tapi jelas aja semua perilaku rasis emang bukan contoh bagus buat ditiru. Dan, semoga aja nggak menular ke industri musik Tanah Air ya Bro!