Wacana mengenai gerakan nasional ketahanan dan kedaulatan pangan, akhir-akhir ini menjadi hal yang sangat sering disuarakan. Salah satunya lewat konser yang diadakan di Universitas Indonesia Senin kemarin. Acara musik yang dimaksudkan untuk menyuarakan konsep kedaulatan pangan tersebut, dihadiri oleh musisi yang gemar menyuarakan perubahan, Iwan Fals.

Sebagai maskot acara, pelantun Oemar Bakri ini tampil di puncak acara. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian disusul dengan tembang-tembang sosial miliknya yang masih sering banget diputar tersebut.

Iwan Fals yang emang digandrungi banyak lapisan masyarakat, berhasil membuat panggung Boulevard UI dipenuhi lautan manusia. Konser tersebut nggak hanya menyedot perhatian kalangan mahasiswa aja, tapi juga masyarakat luar.

Kesempatan langka tersebut digunakannya untuk menyampaikan pesan-pesan positif. Di antaranya adalah mengajak anak muda untuk mendukung gerakan peningkatan dan pengembangan produksi pangan dalam negeri. Nggak hanya itu, musisi legendaris ini juga menyerukan untuk lebih mencintai alam.

“Bagaimana kita bisa mendapatkan makanan yang baik kalau kita tidak menjaga alam ini. Marilah bersama-sama kita jaga. Bagaimana anak-anak bisa hidup kalau alam kita rusak,” ungkap Iwan dan langsung disambut dengan meriah oleh para penonton.

Sebelum mengakhiri konser tersebut, Iwan sempat berpesan kepada semua yang hadir agar melihat usaha keras dari presiden terpilih. Ia pun juga berharap Presiden Jokowi mampu menjalankan apa yang telah disumpahkan kepadanya dengan baik.