Universal Music Group (UMG) secara resmi ngehapus lagu-lagunya dari platform TikTok mulai Februari 2024. Langkah ini diambil setelah pembicaraan soal kesepakatan pembayaran, kecerdasan buatan (AI), dan keamanan online antara UMG dan TikTok gagal mencapai win win solusi. Keputusan ini berarti jutaan lagu di bawah naungan UMG nggak lagi tersedia di TikTok.

banner-ads

UMG adalah salah satu label musik terbesar di dunia yang menaungi banyak musisi besar dunia, yaitu Taylor Swift, BTS, The Weeknd, Alicia Keys, SZA, Steve Lacy, Drake, Billie Eilish, Kendrick Lamar, Harry Styles, Ariana Grande, Justin Bieber, Adele, U2, Elton John, J Balvin, Brandi Carlile, Coldplay, Pearl Jam, Bob Dylan dan Post Malone. Menurut UMG, tarif yang ditawarin TikTok dianggap kekecilan dan nggak memadai, sehingga mereka ngerasa perlu untuk ngelindungin nilai karya musisi dan penulis lagu yang berada di bawah naungannya. Dalam surat terbuka kepada musisi dan penulis lagu, UMG menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi itu dan mutusin untuk menarik katalog musiknya dari platform TikTok.

Keputusan ini tentunya bakalan berdampak besar bagi pengguna TikTok, terutama dalam hal pemilihan musik untuk konten mereka, mengingat banyak lagu populer yang sering digunain sebagai backsound kini nggak bakal tersedia lagi.

Lagu UMG yang Pernah Hits di TikTok

Baca Juga: 20 Jadwal Konser Musik Terbaru 2024, Catat Tanggalnya!

Lagu UMG yang pernah hits di TikTok
SOURCE: Wikipedia

Lagu-lagu milik Universal Music Group (UMG) yang pernah hits di TikTok mencakup berbagai genre dan artis, beberapa di antaranya sangat populer dan sering digunain sama pengguna TikTok untuk membuat konten. Berikut ini adalah beberapa lagu UMG yang pernah hits di TikTok:

  1. "Blinding Lights" oleh The Weeknd - Lagu ini jadi populer banget di TikTok karena sering digunain untuk dance challenges.
  2. "Dance Monkey" oleh Tones and I - Lagu ini juga sempet hype di TikTok, dengan banyak user yang bikin video dance dan lipsync sama lagu ini.
  3. "Watermelon Sugar" oleh Harry Styles - Lagu ini jadi favorit di TikTok, sering digunain di video yang nampilin momen-momen menyenangkan dan chill.
  4. "Say So" oleh Doja Cat - Lagu ini hits jadi sebuah dance challenge jaman PSBB Covid 2020-an yang jadi viral di TikTok.
  5. "Levitating" oleh Dua Lipa - Lagu ini sering digunain dalam berbagai video TikTok, mulai dari dance challenges hingga video fashion dan kecantikan.

Lagu-lagu ini cuma sebagian kecil dari katalog UMG yang banyak banget dan beragam, mencakup berbagai artis dan genre yang udah ngasih dampak besar sama komunitas TikTok. Keputusan UMG untuk narik lagu-lagunya dari TikTok tentu bakalan ngaruh sama pilihan musik yang tersedia bagi user untuk bikin konten. User otomatis juga nggak bakal bisa nemuin dan gunain lagu-lagu dari Taylor Swift, BTS, Imagine Dragons, The Weeknd, SZA, Coldplay, dan lain-lain.

Platform Untuk Nikmatin Lagu-lagu UMG selain di TikTok

Platform Untuk Menikmati Lagu-lagu UMG selain TikTok

Universal Music Group (UMG) punya banyak pilihan platform lain untuk ngedistribusiin lagu-lagunya selain TikTok. Lo masih bisa denger lagu-lagu garapan UMG di platform musik, berikut ada 4 yang paling familiar di Indonesia:

  1. Spotify: Sebagai salah satu layanan streaming musik terbesar, Spotify menawarkan eksposur global bagi artis dan lagu-lagu mereka, dengan fitur playlist yang dapat meningkatkan jangkauan.
  2. Apple Music: Platform ini juga sangat populer di kalangan pendengar musik, dengan kurasi playlist dan promosi artis yang dapat membantu lagu-lagu UMG menjangkau audiens yang lebih luas.
  3. YouTube: Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, YouTube menjadi tempat yang ideal untuk memasarkan musik melalui video musik resmi, lirik video, dan konten terkait artis lainnya.
  4. Instagram: Fitur Instagram Stories dan Reels memungkinkan penggunaan musik dalam postingan, yang bisa menjadi cara efektif untuk mempromosikan lagu-lagu UMG.

Selain platform tersebut, sebenernya masih banyak banget, cuma emang kurang familiar di sini, atau bisa juga diakses di situs web artis-nya langsung. Integrasi strategis di berbagai platform ini bisa ngebantu UMG menjangkau audiens biar makin luas dan ningkatin engagement sama penggemar musik di seluruh dunia.