Kisah Di Balik Lagu Ikonik Fourtwnty

LAZONE.ID - Fourtwnty selalu bawain lagu yang sarat akan makna

Satu dekade lalu, Fourtwnty terbentuk di bawah asuhan Robby Geisha dan beranggotakan Ari Lesmana, Nuwi, serta Roots. Sepuluh tahun berkarya, Fourtwnty seakan jadi salah satu ikon buat musik indie pada sekitar tahun 2010-an.

Salah satu karya mereka yang paling banyak dikenal adalah Zona Nyaman. Lagu tersebut mencuat setelah jadi salah satu soundtrack untuk film Filosofi Kopi 2. Lagu dengan pembawaan yang kalem itu juga easy listening sehingga banyak yang menyukainya.

Lagu dengan suasana kalem dari Fourtwnty juga kadang bawain makna yang mendalam buat para pendengarnya. Nih Bro, makna dan kisah di balik beberapa lagu ikonik Fourtwnty.

Nematomorpha

Fourtwnty punya satu karya yang spesial dirilis tahun ini. Karya tersebut adalah sebuah single yang dirilis sekaligus untuk memperingati perjalanan satu dekade karir mereka. Mungkin ada yang bertanya, apa kisah dan inspirasi di balik lagu yang judulnya agak sulit disebutkan tersebut?

Jadi, ternyata Nematomorpha adalah nama sebuah parasit yang hidup pada tubuh belalang. Sang vokalis, Ari Lesmana mengumpamakan parasit tersebut sebagai sekumpulan anak muda dengan mimpi yang sama di antara mereka.

Namun, di tengah-tengah anak muda tersebut harus berpisah karena mimpi mereka yang gak lagi sama seperti sebelumnya.

Lagu ini jadi spesial dan lebih mendalam untuk mereka karena menurut Ari, hal tersebut sempat terjadi pada Fourtwnty dalam beberapa waktu belakangan ini.

Trilogi

Trilogi adalah salah satu lagu yang mereka rilis dalam album Ego & Fungsi Otak tahun 2018 lalu. Lagu ini punya makna yang mendalam dan isu yang lumayan sensitif di baliknya Bro.

Jadi, tim dari Fourtwnty sempat mewawancarai seorang terdakwa yang terlibat Bom Bali 1 dan membuatnya jadi inspirasi lagu ini. Mereka membawa isu sosial seperti terorisme dan ekonomi yang terjadi di sekitarnya berdasarkan hasil wawancara tersebut dan menuangkannya dalam lagu Trilogi.

Zona Nyaman

Nah, inilah salah satu lagu yang benar-benar melambungkan nama Fourtwnty di dunia musik. Zona Nyaman jadi salah satu soundtrack buat film Filosofi Kopi 2 yang tayang tahun 2017 lalu. Film ini dapat antusiasme tinggi yang berimbas pada lagu pengiringnya.

Zona nyaman punya makna yang ngajak para pendengarnya untuk mencoba mengejar passion mereka dan keluar dari zona nyaman. Pekerjaan yang gak dikerjakan dengan hati bakal berimbas pada hasilnya yang gak maksimal.

Penggalan lirik “kita ini insan bukan seekor sapi” menyiratkan hal tersebut. Sebagai seorang insan yang punya hati, menuangkannya pada pekerjaan dalam bentuk passion adalah sesuatu yang ingin disampaikan oleh Fourtwnty.

Realita

Lagu ini dirilis bareng dengan Trilogi karena merupakan bagian dari album kedua yaitu Ego & Fungsi Otak. Ternyata, lagu Realita juga punya makna yang sejalan dengan judul album tersebut.

Dalam sebuah wawancara Roots pernah mengatakan bahwa lagu ini mengisahkan seseorang yang sering salah dalam mengambil keputusan. Orang yang dimaksud dalam lagu ini lebih sering mendahulukan nafsu dan egonya dibandingkan logika. Mengejar nafsu secara berlebihan inilah yang membuat orang tersebut sering terjebak pada keputusan-keputusan yang salah.

Lagu Fourtwnty mana nih yang lo suka?

Mungkin sebagian dari lo ada yang udah lama gak lihat aksi manggung mereka secara langsung. Makanya, BOLD Music Virtual Concert bakal hadir bareng Fourtwnty dan musisi-musisi keren lainnya tanggal 5 Agustus 2020. 

Buat yang penasaran, jangan kelewatan buat kunjungin channel YouTube LAZone.id jangan lupa di subscribe dan nyalain lonceng notifikasinya biar gak ketinggalan dan pantengin terus media sosial @lazone.id buat dapetin update yang keren dan terbaru!