Menyambut bulan Juli 2024, industri musik Indonesia kembali diwarnai dengan deretan lagu-lagu hits yang mendominasi berbagai platform streaming dan penjualan musik yaitu Apple Music, Spotify, dan Youtube Music. Dari solois berbakat sampe musisi yang kolaborasi dengan memukau, para musisi tanah air terus nunjukin kiprah mereka dengan karya-karya yang digemari oleh banyak pendengar. Berikut ini adalah daftar 20 lagu Indonesia paling populer pada Juli 2024, lengkap sama informasi mengenai penyanyi, judul lagu, dan posisi mereka di chart musik.

20 LAGU INDONESIA POPULER JULI 2024 VERSI APPLE MUSIC

No Penyanyi/Band Judul Lagu
2 Adrian Khalif, Juicy Luicy Sialan
4 Sal Priadi Gala Bunga Matahari
7 Tiara Andini Kupu - Kupu
8 Lyodra Tak Selalu Memiliki (Ipar Adalah Maut Original Soundtrack)
9 Bilal Indrajaya Niscaya
10 Mahalini Mati-Matian
11 Mahalini Bawa Dia Kembali
15 Dudy Oris Aku Yang Jatuh Cinta
16 Salma Salsabil Boleh Juga
19 Luicy Juicy Lantas
24 Rony Parulian, Andi Rianto Sepenuh Hati
26 Luicy Juicy Tampar
27 Nadhif Basalamah penjaga hati
29 Hindia Kita Ke Sana
30 Anggi Marito Tak Segampang Itu
33 NIKI Backburner
36 Juicy Luicy HAHAHA
37 NIKI Take A Chance With Me
38 Rizky Febian Bermuara (feat. Mahalini)
39 Bernadya Satu Bulan
banner-ads

*Chart ini hanya menampilkan kategori pop, rock, dan folk song saja. Tidak termasuk lagu kedaerahan, dangdut, remix, dan lagu bermuatan politik.

20 LAGU INDONESIA POPULER JULI 2024 VERSI SPOTIFY

Posisi Penyanyi/Band Judul Lagu (Naik/Turun)
1 Dudy Oris Aku Yang Jatuh Cinta  
2 Adrian Khalif, Juicy Luicy Sialan  
5 Mahalini Bawa Dia Kembali  
6 Mahalini Mati-Matian  
7 Tiara Andini Kupu - Kupu  
8 Lyodra Pesan Terakhir  
9 Sal Priadi Gala bunga matahari Naik
10 Feby Putri, Fiersa Besari Runtuh Naik
11 Lyodra Tak Dianggap Turun
12 Last Child Duka Turun
13 Hindia Rumah Ke Rumah Turun
15 Anggi Marito Tak Segampang Itu Naik
16 Lyodra Tak Selalu Memiliki (Ipar Adalah Maut Original Soundtrack)  
17 Juicy Luicy Tampar Naik
18 For Revenge Serana Naik
21 Rony Parulian, Andi Rianto Sepenuh Hati Naik
22 Tulus Interaksi Turun
23 Vionita Dia Masa Lalumu, Aku Masa Depanmu Naik
24 Juicy Luicy Lantas Turun
25 Raim Laode Komang Naik

*Chart ini hanya menampilkan kategori pop, rock, dan folk song saja. Tidak termasuk lagu kedaerahan, dangdut, remix, dan lagu bermuatan politik.

20 LAGU INDONESIA POPULER JULI 2024 VERSI YOUTUBE MUSIC

youtube music trending 20 lazone.id

Posisi

Penyanyi/Band

Judul Lagu
1 Dudy Oris Cinta Terakhir
2 Juicy Luicy Sialan
4 Mahalini Bawa Dia Kembali
5 Mahalini Mati-Matian
6 Sal Priadi Gala bunga matahari
8 Lyodra Pesan Terakhir (Official Music Video)
9 Feby Putri Runtuh (feat. Fiersa Besari)
10 Lyodra Tak Selalu Memiliki
11 Last Child Duka
12 Nadin Amizah Bertaut
13 Lyodra Tak Dianggap
14 Anggi Marito Tak Segampang Itu
16 Hindia Rumah Ke Rumah
17 Tiara Andini Kupu - Kupu
18 Juicy Luicy Tampar
19 Tulus Interaksi
20 Juicy Luicy  Lantas
21 Suara Kayu & Feby Putri Kembali Pulang
22 Vionita Dia Masa Lalumu, Aku Masa Depanmu
23 Rony Parulian & Andi Rianto Sepenuh Hati

*Chart ini hanya menampilkan kategori pop, rock, dan folk song saja. Tidak termasuk lagu kedaerahan, dangdut, remix, dan lagu bermuatan politik.

 

1. Boleh Juga - Salma Salsabil

Boleh Juga - Salma Salsabil
SOURCE: Spotify

Deskripsi Lagu Boleh Juga

Lo pasti pernah ngerasa suka sama seseorang tapi sadar kalo nggak mungkin bersama, kan? Nah, itulah inti dari lagu "Boleh Juga" yang dinyanyikan oleh Salma Salsabil. Lagu ini menggambarkan perasaan cinta yang rumit dan dilematis. Salma, yang digambarkan nggak pandai berdusta, mengungkapkan perasaan tulusnya lewat lagu ini, meskipun dia sadar hubungan mereka nggak mungkin terjadi karena si doi sudah punya pasangan lain atau karena takdir yang nggak berpihak.

Lirik Populer Boleh Juga

Salah satu bait yang paling ngena dari lagu ini adalah:

"Ku tak pandai berdusta,

Jujur saja kau boleh juga,

Tak bisa kupungkiri,

Hati nyaman tiap kau ada."

Lirik ini langsung menunjukkan betapa Salma terpesona dengan seseorang, tapi pada saat yang sama, dia juga mengakui kenyataan pahit bahwa mereka nggak bisa bersama.

Alasan Lagu Ini Populer Banget

"Boleh Juga" cepet populer di kalangan pendengar musik Indonesia karena liriknya yang relatable dan melodi yang easy listening. Dirilis pada 24 Mei 2024, lagu ini langsung mendapat sambutan hangat dan telah diputar lebih dari 5 juta kali di Spotify. Lagu ini juga sering digunakan sebagai latar musik di berbagai unggahan media sosial, termasuk TikTok dan Instagram, yang menambah kepopulerannya.

2. Menawan - Adrian Khalif

Menawan - Adrian KhalifSOURCE: Prambors

Deskripsi Lagu Menawan

Lagu "Menawan" yang dinyanyikan oleh Adrian Khalif ini nyeritain soal kesetiaan seorang kekasih yang tetep ada di samping pasangannya walau semua orang udah ninggalin si kekasih tersebut. Adrian terinspirasi sama istrinya waktu nyiptain lagu ini, ngajak pendengarnya untuk ngapresiasi pasangan yang setia.

Lirik Populer Menawan

Di lirik lagu "Menawan", Adrian nyampein perasaan kagumnya sama pasangan yang masih berbesar hati walau udah ngeliat semua sifat dan karakter zonk yang pasangannya punya. Salah satu bait yang menarik adalah:

"Setelah lewati semua yang terjadi,

Mengapa kau masih berbesar hati,

sifatku salahku perkataan dan tingkah laku,

mengapa kau masih di sampingku?"

Kenapa Banyak yang Suka Lagu Ini

Lagu "Menawan" dapet sambutan hangat dari pendengar karena liriknya yang bisa diterima banyak orang dan musik RnB yang sans alias santai. Video liriknya yang ngambil background hijau luas juga nambah kesan tenang yang dibawain sama musiknya, bikin lagu ini cocok banget untuk nemenin saat-saat penuh rasa kagum sama cinta.

3. Gala Bunga Matahari - Sal Priadi

Deskripsi Lagu Gala Bunga Matahari

Lagu "Gala Bunga Matahari" yang diciptain sama Sal Priadi adalah bagian dari albumnya yang judulnya MARKERS AND SUCH PENS FLASHDISKS. Lagu ini hype karena liriknya yang dalem dan touchy banget, nyeritain soal rasa kangen dan kehilangan sama seseorang yang udah nggak ada . Sal Priadi, dalam proses kreatifnya, kerja bareng sama Rifan Kalbuadi yang jadi produser dan Ivan Gojaya yang nanganin mastering dan mixing.

Lirik Populer Gala Bunga Matahari

Salah satu bagian lirik yang populer dari lagu ini adalah: "Mungkinkah kau mampir hari ini? Bila tidak, mirip kau jadilah bunga matahari, yang tiba-tiba mekar di taman, meski bicara dengan bahasa tumbuhan" . Lirik ini viral di TikTok dan sering digunain sama warganet untuk ngungkapin perasaan kehilangan mereka.

Baru Aja Hits Lagu Dari Planet yang Lain, Perlahan Gala Bunga Matahari Ikutan Nanjak

Alasan utama lagu "Gala Bunga Matahari" ini populer adalah kemampuan lagu ini untuk nyentuh sampe ke hati pendengar dengan lirik yang puitis dan ngegugah emosi. Lagu ini juga viral di berbagai platform media sosial, termasuk TikTok, di mana banyak pengguna nge-share video mereka pake lagu ini sebagai latar. Selain itu, kolaborasi Sal Priadi sama musisi dan produser berbakat dalam produksi lagu ini ngasih kualitas musik yang bagus banget, yang nambahin daya tarik lagu ini di kalangan pendengar.

Lagu ini menjadi relevan untuk lo yang mungkin lagi merasakan kehilangan atau kerinduan. Dengan lirik yang relatable dan melodi yang menenangkan, "Gala Bunga Matahari" berhasil jadi lagu yang nggak cuma enak didengar tapi juga ngasih kesan mendalam sama pendengarnya,

4. Tak Selalu Memiliki - Lyodra

Deskripsi Lagu Tak Selalu Memiliki

Lagu "Tak Selalu Memiliki" diciptain sama maestro musik Indonesia, Yovie Widianto . Sentuhan magis Yovie kerasa obviously dalam melodi dan lirik lagu ini, ngejadiin perpaduan rasa cinta, kehilangan, dan penerimaan yang begitu dalem. Lyodra, dengan suaranya yang merdu dan penuh penghayatan, bisa ngebawain lagu ini dengan perfecto, bikin pendengarnya nyelamin lautan emosi yang terkandung di dalamnya .

Lirik Populer Tak Selalu Memiliki

Salah satu bagian lirik yang populer dari lagu ini adalah: "Mungkin aku telah salah, memilih hati yang tak sungguh sejalan" . Lirik ini ngegambarin perasaan bersalah karena udah milih pasangan yang nggak sejalan, dan endingnya sadar kalo cinta nggak selalu bisa dimiliki. Lirik ini sering digunain di berbagai konten di media sosial, memperkaya dimensi emosional yang kuat bagi pendengarnya.

Nggak Terlepas Dari Influence Film yang Lagi Ngeroket

Lagu ini jadi populer banget karena sukses nyentuh hati banyak orang dengan pesan yang universal soal cinta dan kehilangan. Lagu "Tak Selalu Memiliki" juga jadi OST film "Ipar Adalah Maut" yang kisahnya viral. Selain itu, keterlibatan Lyodra sebagai penyanyi dan Yovie Widianto sebagai pencipta lagu ngasih jaminan mutu yang tinggi dan resonansi emosional yang mendalam sama pendengar.

5. Hanya Lolongan - Nabila Taqiyyah

Hanya Lolongan - Nabila TaqiyyahSOURCE: RRI

Deskripsi Lagu Hanya Lolongan

Lo pasti nggak asing sama perasaan kehilangan arah tujuan, kan? Nah, "Hanya Lolongan" dari Nabila Taqiyyah ini ngebahas soal itu. Lagu ini berkisah tentang perjalanan manusia yang sering ngerasa hampa dan kehilangan jati diri. Nabila ngajak lo semua untuk nganggep omongan negatif kayak lolongan belaka yang nggak usah lo tanggepin. Jadi, sambil dengerin, lo bisa belajar untuk tetap maju meskipun ada aja rintangan.

Lirik Populer Hanya Lolongan

Salah satu bait yang paling menyentuh dari lagu ini adalah, "Udep lam donya le cobaan, bek putoh asa. Bek tanyoe weuh hate geutanyoe beu kong." Kalau diterjemahin, artinya "hidup di dunia banyak cobaan, jangan putus asa. Jangan sedih, kita harus kuat." Lirik ini ngingetin kita untuk selalu tegar ngadepin cobaan hidup.

Merdu Banget Suara Nabila!

"Hanya Lolongan" cepat menarik perhatian karena suara Nabila yang merdu banget, dipadu sama melodi yang indah dan pesan inspiratif yang dikemas dengan sentuhan budaya Aceh. Lagu ini juga viral di media sosial dan sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali di YouTube sejak dirilis pada 3 Mei 2024. Nabila, dengan suara merdunya, berhasil nyampaiin pesan soal ketangguhan dalam ngadepin rintangan hidup, bikin lagu ini disukai banyak orang.

6. Mundur Perlahan - Nyoman Paul

Mundur Perlahan Nyoman PaulSOURCE: Spotify

Deskripsi Lagu Mundur Perlahan

Lo pernah ngerasain sakit hati karena cinta yang nggak berbalas? Nah, itulah yang diungkapin Nyoman Paul dalam lagu "Mundur Perlahan". Lagu ini dirilis pada 10 Mei 2024 dan langsung menarik perhatian karena liriknya yang dalam dan melodi gitar akustik yang menyayat hati. Nyoman, yang juga alumni Indonesian Idol, ngebawain lagu ini dengan penuh emosi, loh!

Lirik Populer Mundur Perlahan

Salah satu lirik yang paling menyentuh dari lagu ini adalah, "Kau bercerita ku mendengar, Bahwa ku bukanlah tempatmu, Ternyata ku bukan rumahmu". Bait ini langsung ngena banget, ngegambarin perasaan seseorang yang sadar kalo dia bukanlah orang yang paling dipengenin sama pasangannya.

Tiktok Juga Punya Andil

Lagu "Mundur Perlahan" cepat dapet tempat di hati para pendengar, terutama karena kejujurannya yang brutal soal cinta yang nggak bisa dipaksain. Ditambah lagi, lagu ini jadi viral di TikTok, jadi emang banyak digunain sebagai backsound video yang bikin banyak yang relate dengan perasaan tersebut.

7. Primadona - Adikara Fardy

Primadona - Adikara FardySOURCE: Instagram

Deskripsi Lagu Primadona

Lagu ini berhasil menarik perhatian banyak pendengar dengan liriknya yang puitis dan melodi yang memikat. Adikara nggak cuma ngasih lihat kekuatan vokalnya, tapi juga kedalaman emosional dan kreativitas dalam penulisan lagu. Dalam lagu ini, Adikara mengisahkan tentang kekaguman doi yang dalem sama seorang perempuan bernama Renjana, yang ditemui di lantai dansa dengan gaya yang penuh irama dan paras yang kemayu.

Lirik Populer Primadona

Salah satu bait yang paling dikenal dari lagu ini adalah, "SPrimadona, kota jakarta tak ada dua Ntah ini sekedar cinta atau romansa semata Rayuan belaka, harapan yang fana.. Oh tak mengapa" Lirik ini berisi kekaguman ini mencerminkan betapa seseorang bisa terpesona oleh kecantikan fisik dan aura yang memancar, sehingga membuatnya seakan menjadi sosok primadona di mata sang pengagum.

Vibesnya Kayak Balik Lagi ke 80an!

"Primadona" jadi viral dan populer banget di berbagai platform media sosial seperti TikTok dan Instagram karena liriknya yang relatable dan melodi yang menyentuh hati. Lagu ini udah didengar lebih dari 150 ribu kali di TikTok, nunjukin betapa kontennya resonan sama banyak orang, terutama para wanita yang mengindamkan kayak primadona di era saat ini.

8. Waking Up Together With You - Ardhito Pramono

Deskripsi Lagu Waking Up Together With You

Lagu "Waking Up Together With You" diciptakan oleh Ardhito Pramono sebagai ungkapan hati kepada anaknya, Ara. Melalui lagu ini, Ardhito menggambarkan harapannya untuk selalu bisa bersama Ara, meskipun dalam kondisi yang terpuruk. Lagu ini penuh dengan emosi kebapakan yang mendalam, mengharukan banyak pendengar yang bisa merasakan ikatan tersebut.

Lirik Populer Waking Up Together With You

Berikut beberapa lirik yang menonjol dari lagu ini:

"Waiting to time, will I be better or fall?

Play a lovely melody or nothing at all

Seeking my pride when there else nothing to hide

Let me just waking up together with you."

Lirik-lirik ini mencerminkan kerinduan dan harapan untuk kebersamaan yang lebih erat, yang menyentuh banget sama siapa aja yang dengerin.

Yang Sederhana Biasanya Emang yang Lebih “Masuk”

"Waking Up Together With You" jadi populer karena melodi yang indah dan lirik yang penuh makna. Lagu ini juga dapet tempat spesial di hati para pendengar karena mengungkapkan perasaan cinta yang tulus dari seorang ayah kepada anaknya. Kesederhanaan dan kejujuran emosi yang disampaikan melalui lagu ini membuatnya sangat relatable dan menarik banyak perhatian di berbagai platform musik.

9. Sejauh Dua Benua - Kahitna

Deskripsi Lagu Sejauh Dua Benua

"Sejauh Dua Benua" oleh Kahitna nganterin lo pada kisah cinta yang menembus batas ruang dan waktu. Diiringi melodi yang syahdu, lagu ini ngegambarin cinta yang nggak kehalang sama jarak geografis yang luas antara dua benua. Awalnya, lagu ini bercerita tentang dua sejoli yang menjalani hubungan jarak jauh. Namun, dengan kepergian Carlo Saba, lagu ini juga bertransformasi menjadi simbol kesetiaan dan kekuatan cinta Kahitna yang bertahan meski diuji oleh waktu dan jarak.

Lirik Populer Sejauh Dua Benua

Berikut ini adalah lirik yang paling dikenal dari "Sejauh Dua Benua":

"Meskipun kau terhalang dua samudra,

Hatiku selalu kusimpan untukmu,

Meskipun kau sejauh dua benua,

Hatiku selalu hanyalah untukmu,

Ku akan menjaga setia,

Asal kau juga begitu."

Lirik ini mencerminkan dedikasi dan kesetiaan yang mendalam, sesuai dengan tema cinta yang melampaui batas geografis.

Lagu yang Catchy Banget!

"Sejauh Dua Benua" jadi populer banget, nggak cuma karena melodi dan liriknya yang menyentuh, tapi juga karena kisah di balik lagunya. Dirilis sebagai penghormatan kepada Carlo Saba, lagu ini mengandung nuansa sentimental yang kuat. Yovie Widianto, pianis Kahitna, mengungkapkan bahwa lagu ini adalah salah satu favorit Carlo dan menjadi simbol bahwa semangat Carlo bakal terus hidup dalam karya-karya Kahitna.

10. Sampai Mati Kan Ku Kejar - D'Masiv

Sampai Mati Kan Ku Kejar - D'Masiv
SOURCE: Instagram

Deskripsi Lagu Sampai Mati Kan Ku Kejar

Lagu "Sampai Mati Kan Ku Kejar" dari D'MASIV, dirilis pada 19 Mei 2024, adalah sebuah karya yang nyeritain tekad kuat dan cinta yang nggak berakhir. Dengan nuansa pop yang khas, lagu ini jadi bagian dari album studio mereka yang berjudul 8. Rian Ekky Pradipta, sebagai vokalis, ikutan nambahin sentuhan personal dalam penciptaan lagu ini, mengisahkan perjuangan seseorang yang nggak pernah nyerah untuk dapetin cinta sejatinya.

Lirik Populer Sampai Mati Kan Ku Kejar

Lirik yang menonjol dalam lagu ini adalah, "Pertama kali ku jumpa denganmu, Ku langsung tersipu, ku rasakan rindu. Aku takkan menyerah 'tuk miliki ragamu, Aku takkan pernah mundur, 'Tuk taklukan hatimu." Lirik ini langsung menyentuh hati pendengar dengan perasaan mendalam dan keinginan kuat untuk nggak menyerah soal cinta.

Bicara Soal Kegigihan Mengejar Hati Ayang Dari Lagu Ini

"Sampai Mati Kan Ku Kejar" dapeg popularitas karena kombinasi lirik dan melodi yang menarik. Video klipnya yang mengusung konsep unik ala film zombie yang nambah daya tarik visual yang ngebedain lagu ini dari yang lain. Keunikan ini, bersama dengan pesan tentang cinta yang gigih, bikin lagu ini resonan dengan banyak pendengar, terutama yang pernah merasakan perjuangan dalam mencintai.

FAQs

Apa itu Top Chart?
Top Chart adalah sebuah program musik yang pernah ditayangkan di Trans TV dari tanggal 18 Juli 2022 sampai dengan 31 Maret 2023.

Lagu apa saja yang populer di Indonesia saat ini?
Beberapa lagu pop Indonesia yang populer meliputi:
"Terlukis Indah" oleh Rizky Febian feat Ziva Magnolya
"Tentang Dirimu" oleh Raisa
"Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik-Baik Saja" oleh Judika
"Ingkar" oleh Tulus
"Pesan Terakhir" oleh Lyodra
"Hadapi Berdua" oleh Tiara Andini
"Hari Bahagia" oleh Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah
"Sahabat Tak Akan Pergi" oleh Betrand Peto feat Anneth Delliecia

Tema apa yang sering muncul dalam lirik lagu pop di Indonesia?
Sekitar 94,6% lirik lagu pop di Indonesia mengusung tema personal, sedangkan sisanya 5,4% membahas tentang isu-isu sosial.

Berikan beberapa contoh lagu populer dari Indonesia.

Berikut adalah beberapa contoh lagu pop Indonesia yang sangat disarankan untuk ditambahkan ke dalam playlist:

"Jiwa yang Bersedih" oleh Ghea Indrawari
"Semua Aku Dirayakan" oleh Nadin Amizah
"Saat Kau Telah Mengerti" oleh Virgoun
"Tak Ingin Usai" oleh Keisya Levronka
"Satu-satu" oleh Idgitaf
"Bertaut" oleh Nadin Amizah
"Tega" oleh Tiara Andini
"Mesin Waktu" oleh Budi Doremi