Melihat Raksasa di New Zealand

LAZONE.ID - Para petualangan di New Zealand jangan cuma menikmati kegiatan-kegiatan ekstrem. Cobalah mengamati satwa yang tidak biasa, liar dan raksasa: paus!

Loe tahu nggak bro. Mamalia terbesar di dunia, paus ternyata sangat mudah dilihat di New Zealand. Naik boat terus kita ke tengah laut dan lihatlah paus dengan buntutnya yang berukuran sangat besar!

Loe bisa melihat paus di North Island (Pulau Utara). Tempat itu memamng populer untuk turis tapi pusat utama kegiatan mengamati paus adalah di Kaikoura. Kaikoura, yang terletak di pesisir timur South Island (Pulau Selatan), adalah salah satu dari sedikit lokasi di dunia, tempat melihat paus sperma dengan mudah.

 


Paus sperma, paus bergigi terbesar, dapat tumbuh dan mencapai panjang lebih dari 15 meter. Mereka menyelam jauh ke dalam laut untuk mencari makan. Populasi tetap paus sperma di Kaikoura dapat dilihat sepanjang tahun. Orca (paus pembunuh) dapat dilihat dari bulan Desember hingga Maret, dan paus bungkuk dapat dilihat di bulan Juni dan Juli. Beberapa spesies lumba-lumba dapat dilihat hampir setiap hari di daerah tersebut.

Paus berkembang pesat di dekat Kaikoura karena bentangan alam bawah laut yang tidak biasa. Landas kontinen menukik curam ke sejumlah ngarai bawah laut yang sangat dalam. Di samping itu, arus gelombang hangat dari utara bertemu arus yang lebih dingin dari selatan. Ini menyebabkan nutrisi dari dalam samudra terbawa ke atas, sebuah fenomena yang membantu menghidupi semua jenis kehidupan laut, dari plankton dan krill hingga lumba-lumba serta paus.