Sayang Banget, 5 Festival Seru Ini Harus Batal Karena Corona

LAZONE.ID - Pusat keramaian emang jadi tempat penyebaran yang cepat, Bro

“Kesehatan dan keselamatan adalah yang utama.”

Motto ini digunakan oleh banyak orang. Di tengah penyebaran virus corona seperti ini. Banyak negara dan kota yang menetapkan status karantina dan tindakan lockdown untuk menghambat penyebaran virus corona. Penyebaran yang begitu cepat juga menyebabkan kegiatan di berbagai bidang terganggu.

Misalnya di dunia olahraga, lo semua pasti udah tau bahwa MotoGP Qatar sebagai pembuka musim 2020 harus dibatalkan dan jadwal MotoGP 2020 diundur berkali-kali. Lalu, beberapa kompetisi top sepak bola Eropa juga harus ditunda untuk mencegah semakin ganasnya penyebaran virus tersebut.

Gak berbeda dengan event olahraga, beberapa festival musik di dalam dan luar negeri pun harus merasakan penundaan dan pembatalan. Berikut ini beberapa festival musik seru yang diundur karena dampak dari pencegahan penyebaran virus corona.

Coachella
\
Coachella adalah salah satu festival musik paling bergengsi dan salah satu yang paling besar di dunia. Dua musisi asal Indonesia, Rich Brian dan Niki pun direncanakan bakal tampil dalam acara yang rencananya diadakan pada pertengahan April ini, Bro. Festival terbilang sangat padat penonton karena rata-rata per harinya, Coachella dipadati hingga 100.000 pengunjung. Orang yang datang ke festival tersebut juga bukan cuma dari California, Amerika Serikat dan sekitarnya, tapi juga dari berbagai negara. Makanya pencegahan dirasa perlu. Soalnya Bro, beberapa kota seperti New York pun udah menetapkan status darurat untuk penanganan virus corona.

Hammersonic

Festival satu ini diadakan di Indonesia dan merupakan festival musik metal terbesar di negeri ini. Festival musik yang khusus mendatangkan band-band dengan musik cadas ini selalu menghadirkan guest star yang keren. Hammersonic 2020 rencananya bakal mendatangkan Slipknot. Sayangnya karena kekuatiran mereka terhadap penyebaran virus corona, penyelenggara Hammersonic memutuskan buat menunda event ini sampai tahun 2021. Sebagai kompensasi, mereka menjanjikan bakal bawa lebih banyak guest star yang lebih kece lagi.

Head In The Clouds

Festival yang satu ini harusnya diadakan pada 7 Maret lalu, Bro. Head In The Clouds Jakarta ini rencananya bakal bawa semua musisi yang ada di bawah naungan 88Rising, termasuk Joji, Stephanie Poetri, Rich Brian, dan Niki. Sayangnya satu minggu sebelum hari H, pihak 88Rising mengumumkan bahwa mereka membatalkan festival tersebut demi keamanan dan kesehatan semua kru serta musisi yang bakal dibawa ke Jakarta.

Ultra Music Festival

Buat lo yang suka musik elektronik, mungkin lo tau festival yang satu ini. Ultra Music Festival adalah salah satu festival musik elektronik paling besar di dunia dan rutin diadakan setiap bulan Maret di Miami, Amerika Serikat. Ultra Music Festival ini pertama diadakan pada tahun 1999 lalu. Sayangnya, terkait pencegahan penyebaran virus Corona, festival ini harus ditunda sampai tahun depan.

Flavs Festival

FLAVS Festival adalah sebuah festival musik hip-hop, R&B, dan Soul yang rencananya bakal diadakan di Jakarta satu bulan setelah Head In The Clouds. Rencananya, festival musik ini bakal bawa nama-nama besar seperti Stormzy, rapper asal Inggris. Sayangnya, Stormzy mengumumkan bahwa dirinya gak bakal jadi datang ke FLAVS Festival. Pengumuman tersebut disusul dengan pengumuman bahwa festival ini dibatalkan karena kuatir atas penyebaran virus corona.

Sayang banget ya, Bro? Pasti ada di antar lo yang udah berencana datang ke salah satu festival tersebut, atau malah udah beli tiketnya.

Supaya lo gak gampang tertular virus corona, gue punya beberapa tips sederhana nih yang bisa lo lakukan sehari-hari.

Pertama, perlu lo tau juga bahwa virus corona gak menyebar lewat udara, jadi menggunakan masker gak efektif mencegah penyebaran pada orang yang sehat kecuali kalau emang lo lagi sakit. 

Hal yang perlu lo perhatikan adalah jaga kebersihan tangan lo dengan sering mencuci tangan, dan kalau mau lo bisa bawa hand sanitizer. Selain itu jaga kesehatan dengan pola makan yang seimbang serta istirahat teratur. Orang yang punya sistem imun tubuh kuat lebih sulit terjangkit virus corona.

Selebihnya, stay safe dan tetap waspada, Bro!