Selain Katy Perry, 5 Musisi Terkenal Ini Juga Plagiat!

LAZONE.ID - Nama besar dan pengakuan dari kritikus emang gak bikin musisi lepas dari kasus seperti ini ya...

Dalam industri musik plagiarisme adalah isu yang sangat sensitif buat semua pihak, terlebih buat musisi yang karyanya dicaplok. Soalnya, semua orang di industri ini berlomba buat membuat karya yang original demi memikat pendengar dan penggemar mereka.

Nah, beberapa waktu lalu nih Bro, rame kasus Katy Perry yang ternyata kalah dalam gugatan menyangkut lagu ‘Dark Horse’. Doi mencaplok beat dari musik rap rohani milik Marcus Gray yang berjudul ‘Joyful Noise’.

Selain Katy Perry, ternyata ada banyak musisi terkenal lain yang pernah ketahuan plagiat, Bro! Penasaran siapa aja? Berikut ini gue rangkum 5 di antaranya.

 

Led Zeppelin - ‘Whole Lotta Love’

Salah satu legenda musik rock ‘70-an ini ternyata udah gak aneh dengan kasus plagiarisme. Banyak dari karya mereka yang merupakan hasil plagiat tapi yang paling terkenal adalah ‘Whole Lotta Love’. Lagu ini ternyata hasil dari nyaplok dari lagu ‘You Need Love’ dari Muddy Waters dan Willie Dixon. Mereka pun kalah dalam tuntutan yang digelar pada tahun 1985.

 

Avril Lavigne - ‘Girlfriend’

Sekitar tahun 2007 lalu, di banyak radio pasti lo sering denger lagu ‘Girlfriend’ ciptaan Avril Lavigne ini. Menurut band rock tahun ‘70-an The Rubinoos, lagu ini punya indikasi mengambil bagian dari lagu mereka yang berjudul ‘I Wanna Be Your Boyfriend’. The Rubinoos menuntut Avril ke persidangan tapi akhirnya kasusnya ditutup dan ada indikasi Rubinoos “disuap” supaya tutup mulut.

 

Coldplay - ‘Viva La Vida’

Lagu yang hits pada tahun 2012 ini ternyata bukan karya original, Bro. Banyak banget kemiripan dengan lagu instrumental milik Joe Satriani berjudul ‘If I Could Fly’. Joe pun menuntut Coldplay tapi akhirnya kalah di pengadilan. Beberapa tahun kemudian, Chris Martin mengaku dalam wawancara dengan majalah Rolling Stones bahwa band mereka sebagai “plagiarist yang sukses”.

 

Nirvana - ‘Come As You Are’

Lagu yang lumayan nge-hits pada tahun 1991 ini punya banyak kemiripan dengan lagu ‘Eighties’ milik Killing Jokes. Kurt Cobain pun menyadari kesamaan ini tapi mutusin buat merilisnya gitu aja. Killing Jokes sebenernya udah berniat mau nuntut Nirvana ke pengadilan tapi menarik niat tersebut setelah melihat berita kematian Kurt Cobain.

 

Radiohead - ‘Creep’

Tuntutan atas plagiarisme ternyata bisa kena kepada musisi yang diakui secara luas juga ya. Lagu hits Radiohead dari tahun 1993 ini juga punya indikasi plagiat dari lagu milik The Hollies berjudul ‘The Air That I Breathe’. Ketika band ini dituntut, Radiohead sedikit menyerah dan menambahkan The Hollies sebagai “co-writer” untuk lagu tersebut. Meskipun punya suara yang sedikit berbeda, baitnya punya kemiripan, Bro.

Ternyata bikin lagu itu prosesnya ribet ya Bro? Kalau gak hati-hati dan kurang kreatif, lo bisa aja kena tuntut kayak musisi-musisi di atas tuh.