'Smells Like Teen Spirit' Disebut Lagu Paling Ikonik di Dunia

LAZONE.ID - Nirvana, kalau kita dengar nama band itu pastinya langsung kepikiran sama salah satu hitsnya 'Smells Like Teen Spirit'.

Nirvana, kalau kita dengar nama band itu pastinya langsung kepikiran sama salah satu hitsnya 'Smells Like Teen Spirit'. Meski udah dirilis bertahun-tahun lalu lagu itu tetap akrab di telinga penikmat musik dunia.

Jadi nggak salah kan, kalau 'Smells Like Teen Spirit' disebut jadi lagu yang paling ikonik di dunia. Klaim itu disampaikan oleh Goldsmiths, University of London.

Nggak asal ngeklaim, lewat salah satu guru besarnya yaitu Dr. Mick Grierson yang merupakan pengajar di jurusan computer scientist and musician sempat membuat sebuah analisa. Di mana mereka mencari lagu-lagu mana yang paling punya ciri khas dan dinikmati banyak orang.

Survei itu pun dilakukan lewat beberapa media musik ternama salah satunya adalah NME. Hingga muncul sebuah hasil bahwa lagu Nirvana 'Smells Like Teen Spirit' yang disebut paling ikonik dibanding lagu-lagu lainnya.

Alasannya, banyak nada dan beberapa part dalam lagu ini yang disebut paling jarang mirip dengan lagu lain. Kemudian beberapa analisa lain juga membuktikan bahwa lagu itu juga paling mengena di penikmat musik dari lintas generasi. Cool!

Beberapa lagu lain kayak 'Imagine' John Lennon terus 'One' U2 hingga Michael Jackson 'Billie Jean' juga masuk dalam list lagu yang paling ikonik. Tapi mereka memang kalah tingkatannya dari lagu 'Smells Like Teen Spirit'.

'Smells Like Teen Spirit' sendiri merupakan lagu Nirvana yang dirilis 1991 silam. Lagu itu masuk dalam album fenomenal Nirvana berjudul 'Nevermind' yang juga dirilis tahun yang sama.