Terbukti! Situs Streaming Music 'Malaikat Penyelamat' Bisnis Musik Dunia

LAZONE.ID - Industri musik dunia disebut tak lagi menguntungkan jika bicara soal penjualan sebuah album baik fisik atau digital. Tapi kondisi industri musik kini mulai membaik lagi.

Industri musik dunia disebut tak lagi menguntungkan jika bicara soal penjualan sebuah album baik fisik atau digital. Tapi kondisi industri musik kini mulai membaik lagi.

Penjualan fisik dari CD atau vinyl dan digital sudah mulai bergeliat lagi. Dan, situs streaming musik disebut sebagai 'malaikat penyelamat' yang membuat semuanya menguntungkan lagi.

Jadi sesuai investigasi dan penelusuran dari British Phonographic Industry (BPI) dan Entertainment Retailers Association (ERA) 37 persen penikmat streaming music langsung mendownload lagu atau album yang didengarnya. Tentu aja itu meningkatkan penjualan album si musisi.

Fakta lain juga menjelaskan bahwa 13 persen pengguna streaming music mengaku terdorong untuk membeli rilisan fisik. Kemudian 19 persen lainnya merasa terdorong beli vinyl karena streaming music.



Fakta berlanjut bahwa 69 persen dari penikmat streaming music memilih untuk mencari lagu lain dari musisi yang didengarnya lewat rilisan fisik. Semua fakta itu pun seperti meyakinkan bahwa posisi streaming music memang punya support ke penjualan fisik musisi dunia.

Tapi sebenarnya nggak semua musisi yang merasa diuntungkan jasa streaming music. Hingga nggak tertarik untuk masukin karya-karyanya di situs streaming music.

Seperti apa yang dilakuin Adele yang nggak punya niat untuk masukin album baru '25' ke situs streaming musik. Begitu juga dengan Thom Yorke yang berjanji nggak akan membiarkan karyanya didengar secara online.