Wih, Para Musisi Ini Terkenal Lewat Lagu Curian?

LAZONE.ID - Siapa yang menyangka jika para musisi terkenal ini pernah menjiplak sebuah lagu dan sukses bikin single tersebut jadi hits.

Udah sejak dulu problem paling heboh di industri musik adalah kasus penjiplakan. Bahkan nggak jarang hal tersebut bisa berujung menjadi aksi saling menuntut dan klaim antara satu dengan yang lain. Musik cuma terdiri dari tujuh tangga nada dasar, pastinya bakal sering banget ditemui kesamaan baik secara struktur maupun melodi. Tapi, hal tersebut bukan alasan menjiplak jadi legal.

Tapi, gimana jika ternyata ada beberapa musisi yang emang sengaja menjiplak dan malah jadi hits? Percaya atau nggak hal ini pernah terjadi. Penasaran? Simak ulasannya berikut.

Green Day

Kamu penggemar Billy Joe dkk pasti udah hafal banget lagu hits mereka yang berjudul American Idiot. Silahkan nggak percaya, tapi lagu tersebut ternyata adalah hasil jiplakan dari single lawas milik Dilinger Four. Mulai dari intro hingga menyentuh bagian akhir bisa dikatakan sama persis. Kira-kira terinspirasi atau sengaja jiplak nih?

Oasis

Oasis tukang jiplak? Sepertinya hampir mustahil karena mereka adalah inspirasi bagi para musisi saat ini. Sayangnya kamu harus membenarkan hal ini ketika tahu jika salah satu lagu mereka berjudul Cigarette & Alcohol mirip banget dengan track milik T.Rex berjudul Get It On.

The Beatles

Bahkan sekaliber The Beatles pun ternyata tukang jiplak. Parahnya lagi, mereka mengakuinya sendiri meskipun diperhalus dengan ungkapan ‘terinspirasi’. Lewat sang gitaris, George Harrison, mereka mengaku dengan sengaja mengambil intro single milik Bobby Parker berjudul Watch Your Step untuk dimasukkan dalam lagu hits berjudul I feel fine.

Entah harus bilang apa lagi jika bahkan musisi legend dunia pun ternyata pernah menjiplak. Emang susah sih bikin karya original, tapi setidaknya hal tersebut lebih membanggakan.