Wih, Ternyata Berbagai Genre Musik Berfungsi untuk Otak Manusia

LAZONE.ID - Bermanfaat banget nih biar lebih semangat aktivitas lo

Udah deh, hidup kita itu enggak bisa lepas dari yang namanya musik, setuju enggak? banyak aktivitas lo sehari-hari dilewatkan dengan pengaruh atau adanya musik yang lo dengar. Mau lo itu lagi nyetir, belajar, olahraga, bahkan lagi kasmaran dan putus cinta pun, musik senantiasa menyertai.

Wih, Ternyata Berbagai Genre Musik Berfungsi untuk Otak Manusia

Nah, ada teori dari Allan P. Merriam yang menyatakan kalo musik punya fungsi yang enggak terbatas dalam seluruh aspek kehidupan manusia di semua kebudayaan. Intinya manusia selalu terbiasa dengan musik dalam banyak kegiatan.

Hal itu juga menyebabkan musik jadi punya manfaat banyak untuk proses kerja dalam otak dan detak jantung. Orang bakal jadi lebih semangat, produktif, atau malah bisa sedih banget kalau dengerin musik dengan genre tertentu. Coba deh baca ulasan di bawah ini, ada 5 genre musik yang dibutuhkan buat otak kita.

 

Musik Klasik

Penelitian tahun 2007 oleh Stanford University School of Medicine menemukan bahwa musik klasik bisa mengubah bagian tertentu di otak. Jadi, kalo lo denger musik ini, lo akan bisa lebih fokus. Soalnya, musik ini bisa meningkatkan fungsi otak.

 

Musik R n B

Ada enggak sih lo kalo olahraga enggak lepas dari earphone dan musik player? kalo gue sih gitu. Soalnya kalau olahraga sambil dengerin musik, pasti bakal lebih semangat aja dan badan itu terasa enteng. Apalagi kalo lo dengerin musik yang beatnya kaya R n B, Rap, dan EDM. Nah ternyata hal itu emang benar, kalo lo olahraga dan dengerin musik dengan tempo musik cepat, misalnya 100-120 bpm.

 

Musik Pop

Sebagian besar, kalo lo lagi nyetir pasti mendengarkan musik yang playlist-nya mendukung buat nyetir. Penelitian di Australia menyimpulkan kalo kesunyian sebenarnya kurang pas saat menyetir mobil, soalnya nanti bisa buat lo enggak fokus dan pikiran kemana-mana. Nah, biar nyetir lebih aman, lebih baik lo milih musik yang temponya di bawah 120 bpm, misalnya pop atau jazz.

 

Musik Mellow

Menurut sebuah studi tahun 2011 yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Neuroscience, lagu-lagu klasik bisa mendorong pelepasan dopamin, zat kimia dalam otak yang membuat seseorang bergembira atau jadi optimis.

 

Musik Rock

Ritme musik dengan irama yang agak keras dikit ini bisa buat penyemangat lo di pagi hari. Kalau menurut Daniel Levitin, seorang professor psikologi, musik rock bisa memicu proses di otak yang disebut penyebaran aktivasi. Jadi jangan heran kalau pagi-pagi udah dengerin musik, rasanya lebih semangat.