Talkmen.com --- Menjadi pria bukan berarti harus menjadi manusia serba bisa, namun ada hal-hal mendasar yang harus bisa dilakukan seorang pria.

Pria memang dianugerahi kekuatan yang lebih dari wanita. Oleh sebab itu, menjadi pria tentu mempunyai tanggung jawab lebih dibandingkan wanita dalam segala aspek kehidupan. Karena tidak bertugas untuk mengandung dan menyusui, setiap pria kelak akan menjadi kepala keluarga atau pemimpin, setidaknya pemimpin bagi kehidupannya sendiri. Tanpa pengetahuan yang cukup, tentu akan sulit bagi seorang pria menjalani itu semua. Jangan sampai label "tidak bisa diandalkan" melekat di kening Anda nantinya. 

Tidak usah muluk-muluk bermimpi menjadi superhero yang bisa menyelamatkan dunia, salah-salah Anda jadi pahlawan kesiangan. Tengok lingkungan sekitar Anda, ada beberapa hal sederhana yang sudah selayaknya dapat dilakukan seorang pria. Jangan utamakan rasa malas sehingga menyerahkan semua kemampuan pada orang lain, ada kalanya Anda yang harus melakukannya sendiri. Percaya atau tidak, saat wanita melihat Anda melakukan sesuatu yang sulit dilakukannya, hal itu akan memberi impresi yang baik bagi diri Anda. 

Mencuci, menyetrika, dan merapikan

Boleh jadi hal pertama ini adalah hal yang paling memuakkan bagi pria. Alasannya sederhana, itu adalah pekerjaan wanita atau asisten rumah tangga. Well, lebih baik buang pikiran itu jauh-jauh. Suatu saat, setiap pria pasti akan menghadapi fase di mana ia hidup sendiri dan harus bisa melakukan aktivitas seperti mencuci, menyetrika, dan merapikan perlengkapannya tanpa bantuan orang lain. Sederhana bukan? Saat musim mudik dan asisten rumah tangga menikmati liburannya, cobalah lakukan hal tadi sendiri. Anda bisa mulai dengan mencuci sepatu, belajar menggunakan mesin cuci, bagaimana menyetrika, sampai merapikannya dalam lemari.

Merawat dan membersihkan kendaraan

Jangan selalu mengandalkan jasa cuci mobil saat keadaan kendaraan mulai terlihat kotor dan tidak sedap dipandang. Cobalah untuk membersihkan dan merawat kendaraan Anda sendiri. Tak perlu sampai menghafal buku panduan mengenai mekanik kendaraan, mulailah dari hal yang paling mudah. Cucilah kendaraan Anda sendiri, bersihkan bagian dalam dan luarnya. Anda juga harus mengenal bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk merawat kendaraan, seperti shampoo atau aneka jenis pemolesnya.

Mencuci mobil adalah salah satu kemampuan sederhana yang harus bisa dilakukan pria.

Mengganti lampu

Tenang, Anda tidak akan mati kesetrum lantaran mengganti lampu. Tapi perlu diketahui, mengganti lampu adalah salah satu kemampuan yang sangat diperlukan saat Anda berumah tangga. Tak mungkin Anda selalu berteriak pada asisten atau menyuruh pasangan mengganti lampu yang mati. Itulah fungsi Anda sebagai pria, mampu menangani masalah paling sederhana seperti ini. Dari situ Anda bisa belajar mengenal jenis-jenis lampu, daya listrik, sampai warna cahaya seperti apa yang cocok untuk dipasang.

Memakai dasi

Kemampuan yang satu ini harusnya sudah bisa Anda lakukan sendiri sejak masih duduk di bangku sekolah. Untuk memakai dasi dengan simpul sederhana mungkin bisa, tapi jika Anda belum mahir tentang bagaimana membuat simpul dasi kupu-kupu tak ada salahnya untuk dipelajari. Begitu banyak tutorial mengenai cara dan membuat simpul dasi untuk berbagai acara. Trik memakai dasi ini juga bisa Anda pakai untuk 'menggoda' pasangan. Saat memakai dasi, tanyakan pada dirinya apakah dasi Anda sudah sempurna dan mintalah dirinya untuk membetulkan. Romantis?

Memilih pakaian dan gaya yang tepat

Pria modern saat ini begitu tanggap akan perkembangan mode. Tenang, Anda tidak akan disebut feminin atau metroseksual hanya karena mengerti cara berpenampilan yang cool. Justru kemampuan ini yang akan semakin membuat diri Anda menarik di mata wanita. Anda harus mengerti jenis-jenis celana apa yang sedang menjadi tren, bagaimana memakai setelan jas yang sesuai ukuran tubuh, memilih sepatu yang sesuai untuk bekerja dan bersantai, sampai media massa apa saja yang menjadi referensi Anda saat berpenampilan.

Tahu cara merawat diri

Jangan selalu asosiasikan perawatan diri dengan salon, lulur, atau segala sesuatu yang berbau kecantikan. Merawat diri di sini adalah pengetahuan grooming bagi pria yang mendasar. Anda paham bagaimana cara membersihkan wajah secara benar, mencukur janggut sesuai tren, sampai memilih parfum yang sesuai dengan karakteristik Anda. Mempunyai daftar barbershop favorit untuk mencukur rambut atau sekadar pijat juga menjadi pengetahuan yang layak diketahui seorang pria modern.

Bisa menggendong bayi

Entah Anda percaya atau tidak, tapi keahlian ini merupakan satu di antara sekian banyak yang bisa membuat wanita luluh. Saat berkumpul bersama keluarga atau menjenguk teman yang baru melahirkan, cobalah untuk menggendong bayi dan kalau masih canggung, tak perlu sungkan untuk meminta diajarkan bagaimana caranya menggendong bayi secara benar. Sosok pria yang menggendong bayi di mata wanita adalah pria yang begitu dewasa, bertanggung jawab, dan mungkin saja siap memimpin keluarga kelak. Masuk akal?

Membuat anak kecil tertawa

Sama seperti menggendong bayi, wanita cenderung menyukai pria yang bisa mendekatkan bahkan membuat anak kecil tertawa. Saat berpacaran, saat pasangan mengajak Anda menghadiri acara keluarganya, ketika ada anak-anak kecil di sana cobalah untuk bermain bersama mereka. Mulailah dengan melontarkan canda sederhana, seperti mengajak tertawa atau menyuguhkan permainan yang menarik bagi mereka. Sulit? Justru inilah tantangannya dan lihat reaksi pasangan saat Anda mencobanya.

Pandai memilih hadiah

Pria terkadang kalang kabut saat ia harus memberikan hadiah bagi seseorang di hari atau kesempatan yang spesial. Momen seperti ulang tahun, anniversary, sampai hari raya adalah saat di mana seorang pria terkadang harus memberikan hadiah kepada orang yang spesial. Dalam hal ini, Anda harus cermat dalam melihat apa yang sedang dibutuhkan orang tersebut. Tak perlu mahal, tapi berguna, itu yang paling penting. Anda bisa mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan seseorang dengan cara membaca gerak-geriknya, atau gunakan trik dengan menanyakan kira-kira apa yang sedang dibutuhkannya saat ini.

Menenangkan wanita yang menangis

Ini bukan suatu hal konyol. Membuat tenang wanita yang menangis adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang pria. Tentu saja wanita dalam hal ini adalah wanita yang spesial dalam hidup Anda, bisa pacar, saudara, dan ibu. Jika masih single, sah-sah saja untuk memberikan pundak saat ada wanita menangis di depan Anda (dengan catatan wanita itu masih single juga). Untuk apa? Ini sebagai bukti jika Anda sebagai pria mampu memberikan rasa nyaman, peyakinan, dan penguatan bagi wanita yang sedang rapuh karena masalah yang dihadapinya