Talkmen.com --- Beberapa hal ini penting untuk dimiliki setiap pria modern. Dari sikap sampai pakaian, Tom Ford membagikan pesan-pesannya.

Tom Ford membeberkan petuahnya tersebut dalam rangka ulang tahun ke-15 Vogue.com. Ada 15 poin yang ia paparkan mengenai hal-hal apa saja yang harus dimiliki seorang pria modern dalam kehidupannya. Hampir kesemuanya memang menyentuh sisi esensial kehidupan pria masa kini. Dalam kiprahnya selama hampir 20 tahun di dunia mode, Tom Ford terbilang sebagai desainer yang telah memberikan banyak pengaruhnya bagi fashion pria. Ciri khasnya apalagi jika bukan setelan jas dan tuksedo dengan lapel berukuran besar yang kental dengan nuansa klasik dan flamboyan. Baginya, sosok pria mapan dan modern bukanlah pria yang jumawa, melainkan pria yang mengerti betul bagaimana menjaga penampilan dan menyelaraskannya dalam sikap dan perilaku. 

Membuka hari dengan pengetahuan memang penting untuk memperluas wawasan.
 

1. Tertawa

Ini adalah poin pertama yang ia berikan. Tertawa di sini bukan berarti terpingkal-pingkal sampai sesak napas. Berikan sense of humor dalam setiap kesempatan, jadilah seorang ice breaker yang menghangatkan suasana. Tapi ingat, jangan berlebihan. Sense of humor yang tepat dipercaya mampu membuat diri terlihat jauh lebih menarik.

2. Ritual memulai hari

Tom Ford mengatakan mulailah hari dengan membaca koran setiap pagi. Masuk akal, pria yang kaya pengetahuan pasti akan luas pikirannya dan ia mampu berbincang dengan siapa saja. Peka terhadap situasi di sekelilingnya, aware dengan segala kondisi yang ada, dan selalu terbuka untuk memperluas pengetahuannya.

3. Menyukai olah raga

Pria memang identik dengan olah raga, apalagi jika mempunyai satu jenis olah raga yang sangat disukai dan menguasainya. Tenis, golf, renang, atau sepak takraw misalnya? Berolah raga memang terbukti berguna bagi seluruh aspek kehidupan, dari fisik sampai kesehatan jiwa akan terpelihara. Mens sana in corpore sano!

4. Pandai merawat diri

Era di mana pria yang tampak lusuh itu dibilang jantan sudah terkubur dalam-dalam. Sekarang adalah era di mana pria memahami betul arti kebersihan dan kerapihan dirinya. Rambut yang tertata rapi, kulit yang terawat, sampai bentuk janggut pun diperhatikan. Merawat diri bukan berarti sissy, justru itu adalah hal esensial yang harus diketahui pria modern saat ini.

5. Beraroma khas

Ingin menjadi pria yang selalu diingat wanita? Temukan wewangian yang akan menjadi signature scent diri sendiri. Pria biasanya identik dengan aroma rempah, kayu-kayuan, atau aqua. Carilah jenis wewangian yang menurut Anda dapat mewakili kepribadian diri.

6. Setelan jas ideal

Lupakan menghadiri acara formal dengan setelan jas kebesaran yang sudah dimiliki bertahun-tahun. Carilah the perfect suit yang akan membuat potongan tubuh menjadi lebih tegap dan berisi. Saat ini, pilihan yang paling tepat adalah setelan jas dengan model one buttontwo button, atau double breasted. Untuk ukuran, carilah yang tepat sesuai dengan tubuh, jangan kebesaran, jangan juga kekecilan.

Kenakan setelan jas yang sesuai bagi ukuran tubuh Anda, tanpa kebesaran atau kekecilan.
 

7. Miliki sepatu klasik

Ingat, klasik bukan berarti kuno. Setiap pria modern pasti mengerti jika sebuah sepatu pantofel berwarna hitam adalah senjata penampilan elegan. Pilihlah sepatu model classic oxford dengan tali berwarna hitam serta ujung sepatu berbentuk oval. Tinggalkan sepatu formal dengan ujung berbentuk kotak karena sudah ketinggalan zaman.

8. Penampilan flamboyan

Jangan ragu untuk memakai blazer saat menghadiri acara-acara baik formal maupun semi formal. Terserah apakah akan diselaraskan dengan kemeja berdasi atau cukup dengan kemeja berwarna cerah dengan kancing terbuka dua. Kenakan juga pocket square untuk mempermanis penampilan.

9. Celana jeans

Pria mana yang tidak mempunyai celana jeans di lemarinya? Namun, celana jeans berwarna gelap dengan potongan straight atau slim fit saat ini harus menjadi salah satu koleksi pakaian Anda. Masih memakai celana cut bray sampai sekarang? Maaf, rasanya konser Led Zeppelin di Madison Square Garden sudah lewat beberapa dekade silam.

10. Pakem Pakaian

Sudah jelas bukan jika memiliki kemeja putih adalah satu hal yang esensial bagi kehidupan pria? Tom Ford pun mengatakan jika kemeja putih adalah satu investasi mode yang tak akan lekang di makan zaman.

11. Pakaian dalam itu penting

Jika dulu merasa memakai kaus kaki bolong-bolong atau celana dalam dengan karet longgar itu nyaman, you may feel so sorry for yourself. Meski tidak terlihat, menjaga kondisi pakaian dalam selalu bersih dan terawat akan merepresentasikan karakter diri sendiri. 

12. Berpakaian elegan

Setidaknya bagi Tom Ford, tuksedo adalah pakaian yang harus dimiliki setiap pria. Pasti akan ada acara-acara yang mengharuskan Anda mengenakan setelan klasik tersebut. Jangan sampai mengandalkan tuksedo pinjaman yang malah merusak citra diri.

13. Pelengkap saat beraktivitas

Jam tangan juga termasuk sebagai salah satu resep utama agar penampilan diri menjadi lebih berwibawa. Mulailah untuk mengenakan jam tangan, apalagi jika mempunyai kocek subur untuk membeli jam-jam tangan papan atas. Jangan ragu, karena jam tangan adalah investasi jangka panjang yang tidak hanya berguna bagi penampilan.

14. Aksesoris andalan

Bicara soal aksesoris bagi pria, sunglasses atau kaca mata hitam adalah obat kejantanan yang penting diperhatikan. Carilah sunglasses yang sesuai dengan bentuk wajah, untuk modelnya jangan terlalu ekstrim atau terlihat kuno. Sunglasses dengan model aviatorrounded, atau flat top adalah jenis kacamata hitam yang layak untuk dimiliki.

15. Selalu tersenyum

Senyum adalah terapi jiwa yang paling mudah dan gratis untuk dilakukan setiap manusia. Awali hari dengan selalu tersenyum selama 5-10 detik sebelum bersiap untuk kembali beraktivitas. Hasilnya Anda sendiri yang akan merasakan.