Setiap tahun, 17 Agustus merupakan hari bersejarah bagi Indonesia. Salah satu pusat peringatannya adalah Istana Negara dan Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Di hari penting besok, sebaiknya hindari melintas di jalanan sekitar kedua daerah tersebut.

Sejumlah ruas jalan akan ditutup berkaitan dengan penyelenggaran upacara HUT Indonesia ke-70. Jalan-jalan yang akan ditutup besok melingkari kawasan Istana dan sekitar Monas. Yaitu Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Museum, Jalan Veteran Raya, dan Jalan Majapahit sebelah Timur.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah, penutupan ini bersifat sementara. Penutupan jalan hanya akan berlangsung pada saat upacara detik-detik proklamasi, antara pukul 05.00-12.00 WIB dan pada saat upacara penurunan bendera sore harinya, pukul 14.00-19.00 WIB. 

Karena penutupan ini, arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur dan mengarah sekitar Istana akan dialihkan ke Jalan Perwira di sekitar Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Sementara arus lalu lintas dari Merdeka Selatan yang mengarah ke Merdeka Barat akan dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Majapahit, Harmonidan seterusnya. Dari Harmoni aliran lalu lintas kembali normal, belok kiri ke arah Juanda, Pasar Baru dan seterusnya.

Nah, atur route loe baik-baik deh. Jangan sampai terjebak apalagi bingung yak!