Kalau selama seminggu terakhir loe sama sekali nggak ada motivasi kerja di kantor, bisa jadi loe sedang berada di fase jenuh akut. Jangankan mulai bekerja, kadang-kadang mau buka laptop atau nyalain komputer saja rasanya ogah.

Kejenuhan ini bikin nggak ada sesuatu yang baru yang loe hasilkan setiap hari. Ide-ide kreatif loe juga rasanya terpendam jauh di dalam pikiran dan nggak terungkapkan.

Belum lama ini bro, Forbes bekerja sama dengan The Muse (perusahaan konsultan karier) menjelaskan kenapa motivasi para pekerja bisa ada di titik terendah.



Di poin pertama nih bro alasannya karena lelah secara emosional. 70% orang di dunia yang merasa lelah secara emosional nggak akan "konek" dengan pekerjaannya. Mungkin loe juga salah satunya. 

Yang dibutuhkan karyawan seperti ini adalah kenyamanan psikologis dan penghargaan dari atasan. Nggak cuma karena mencapai sebuah hasil kerja yang oke, tapi penghargaan atas keberadaan loe di tempat kerja pun bisa bikin bahagia yang ujungnya akan memacu produktivitas.

Poin kedua yang ditulis Forbes, motivasi kerja bisa hilang terkadang karena loe terlalu ambisius. Bagus sih bekerja keras untuk sebuah hasil. Tapi di akhir nanti ketika sudah dapat hasil yang diinginkan, rasa lelahnya pun akan maksimal dan bikin loe malah jadi lelah secara emosional dan pikiran.



Forbes juga menyoroti kehilangan motivasi kerja karyawan karena mereka sering bekerja terburu-buru. Kalau selama seminggu lalu loe terus-terusan sibuk tanpa jeda karena mengejar target, hati-hati bisa jadi bumerang.