Merdeka.com --- Kewajiban puasa selama Ramadan bukan alasan untuk malas berolahraga dan mengabaikan kebugaran tubuh. Kesehatan tubuh juga harus tetap dijaga supaya Loe bisa ngejalanin Ramadan dengan lancar, tanpa gangguan apapun. Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa Loe lakuin untuk ngejaga kebugaran selama Ramadan, Bro. 1. Tambah konsumsi air Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah hal yang paling penting saat Loe berolahraga, terutama ketika berpuasa. Untuk itu, sangat penting untuk mengonsumsi banyak air. Jika air aja gak cukup, pilih minuman yang mengandung elektrolit, serta selalu penuhi kebutuhan cairan sebelum dan setelah berolahraga. 2. Pilih jenis olahraga Yak, Loe harus pintar memilih jenis olahraga yang dilakukan selama Ramadan dan berpuasa. Lakukan kombinasi olahraga cardio atau menggunakan mesin. Tapi kalo Loe gak yakin kuat, kurangi olahraga yang Loe lakuin. Selain itu, Loe juga but olahraga resistensi seperti jalan sehat, naik turun tangga, atau angkat beban. 3. Ngebakar kalori Kebanyakan perusahaan mengurangi waktu kerja karyawan saat Ramadan. Ini bisa Loe manfaatin untuk memperbanyak waktu olahraga sebelum buka puasa tiba. Meski begitu, Loe juga harus bisa menggunakan waktu dengan efektif untuk ngebakar kalori. Waktu ini juga tepat untuk ngebakar kalori karena sebelum buka puasa tiba, metabolisme Loe masih aktif. 4. Olahraga dengan bijak Kalo Loe gak bisa menyempatkan olahraga ke gym, Loe bisa melakukan olahraga melalui kegiatan sehari-hari. Biasanya pas mulai puasa, tubuh kita lebih mudah kehilangan energi dan bikin malas ke gym. Loe bisa tetep berolahraga dengan berjalan, menggunakan tangga di kantor atau rumah, dan sering gerak. Nah, itulah beberapa tips supaya Loe tetap bisa berolahraga selama berpuasa. Selalu perhatiin keadaan tubuh Loe dan lakuin olahraga dengan efektif.