Baca buku memang lebih makan waktu daripada nonton film. Nggak heran kalau orang-orang lebih memilih untuk beli tiket bioskop dan nonton film fantasi yang mereka tunggu-tunggu selama ini daripada harus duduk berjam-jam dan membaca bukunya.

Tapi ada banyak hal yang muncul di buku dan nggak tervisualisasikan dalam film lho. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini bro selain keterbatasan durasi dan perubahan cerita saat pengembangan skenario terjadi.

Nah supaya loe nggak kehilangan banyak momen seru dalam sebuah kisah fantasi yang diangkat dari buku ke layar lebar, perlu deh kayaknya loe mulai membaca. Merayakan Hari Buku Sedunia, ini 5 buku fantasi rekomendasi dari LAZONE.id!

1. The Chronicles of Narnia oleh C.S. Lewis



Filmnya selalu ditunggu-tunggu setiap rilis. Padahal bukunya sudah lama banget ditulis oleh C.S. Lewis. The Chronicles of Narnia 'The Lion, the Witch and the Wardrobe' pertama kali dirilis tahun 1950.

Walaupun cerita fantasi ini ditujukan untuk anak-anak, tapi dunia Narnia akan bisa membawa loe tenggelam bersama keajaiban-keajaibannya bro. Coba deh baca semua seri dari kisah ini.
 

2. The Dark Tower oleh Stephen Kings



Stephen Kings dikenal sebagai sosok penulis handal yang mampu menciptakan kengerian lewat kisah-kisah horornya. Tapi di The Dark Tower, Stephen Kings mencoba genre yang jauh berbeda dari horor tradisional.

Kings berusaha membuat pembacanya larut dalam kisah fantasi gelap dunia barat lewat buku ini. Buku pertama seri The Dark Tower dirilis tahun 1982 dengan judul The Gunslinger.
 

3. Harry Potter



Buku yang sempat ditolak berbagai penerbit ini berubah menjadi sebuah fenomena. Harry Potter pertama kali dirilis tahun 1997 dengan judul 'Philosopher's Stone'/'Sorcerer's Stone'.

Ada 8 film yang diangkat dari 7 buku tulisan JK Rowling ini. Dan ada banyak banget hal-hal yang nggak difilmkan dari bukunya. Yang bikin buku ini jadi salah satu serial fantasi yang wajib loe baca.
 

4. The Lord of the Rings & The Hobbit oleh J.R.R Tolkien



Tolkien punya dunia sendiri yang dia ciptakan lewat buku-buku seri The Lord of the Ring. Buku yang melanjutkan kisah para Hobbit dari The Hobbit ini pun sudah diangkat ke layar lebar.

Tapi tentu saja bro, nggak ada yang mengalahkan imajinasi loe ketika membaca petualangan Frodo dalam bukunya. Dengan latar belakang sejarah yang kaya dan bahasa khusus yang hanya ada di dunia Tolkien, loe pasti akan puas dengan buku ini.
 

5. A Song of Ice and Fire oleh George R.R. Martin



Akrab dengan Jon Snow, keluarga Stark, Targaryen dan Lannister? Dari buku inilah nama-nama itu muncul. George R.R. Martin punya dunia yang berbeda dengan para penulis lain di atas dalam menulis A Song of Ice and Fire.

Dari sinilah serial HBO Game of Thrones berasal. Dan buku ini jadi salah satu buku fantasi dengan penjualan paling oke pada masanya.

Nah, selamat membaca bro!