Dunia lagi-lagi dibikin sedih sama bencana alam mengerikan yang terjadi di Nepal. Gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) menghantam ibukota Kathmandu dan diperkirakan 1.805 jiwa melayang akibat kejadian ini. Namun, kayaknya jumlah ini bakal terus bertambah, karena masih banyak warga yang belum ditemuin. Gempa mengerikan ini bukan satu-satunya yang pernah terjadi, lho.

Berikut 5 gempa mengerikan yang pernah terjadi di dunia.

Sumatera

Loe pasti masih ingat kan Bro, dengan gempa yang terjadi di Sumatera? Gempa berkekuatan 9,1 SR tersebut tercatat sebagai salah satu bencana paling mengerikan yang pernah terjadi. 26 Desember 2004  masih diingat sebagai tanggal di mana seluruh bangsa Indonesia berduka karena lebih dari 70.000 orang tewas.

Jepang

Gempa mengerikan juga pernah mengguncang Jepang pada 11 Maret 2011. Gempa ini berkekuatan sampai 9 SR, Bro. Dan tercatat 15 ribu lebih orang meninggal dan ribuan lainnya dinyatakan hilang. Bencana ini juga nyebabin bangunan-bangunan besar hancur dan rata oleh tanah. Kerugiannya diperkirakan mencapai 309 miliar dolar!

Qaratog dan Turkestan

Terbang ke masa lampau, di tahun 1907 juga pernah terjadi gempa berkekuatan 8 SR, Bro! Tepatnya terjadi di negara pecahan Rusia, Qaratog dan Turkestan. Kejadian ini nyebabin 12 ribu lebih penduduk tewas dan bikin desa-desa di sana rata dengan tanah. Bahkan, efeknya juga dirasain sampai Uzbekistan lho, Bro.

Peru

Di tahun 1970, Peru diguncang gempa berkekuatan 7,9 SR. Musibah ini menyebabkan korban tewas mencapai lebih dari 70 ribu orang dan 20 ribu di antaranya dinyatain hilang. Gempa mengerikan ini juga dibikin parah sama hujan batu, es, dan lumpur.

Pakistan

Gempa bumi berkekuatan sampai 7,6 SR juga pernah dialami negara Pakistan lho, Bro. Tercatat 86 ribu lebih nyawa melayang dan 68 ribu orang terluka. Kejadian ini bikin 80% infrastruktur di Pakistan rusak parah.

Pray for Nepal yuk, Bro!