Merdeka.com --- Bagi Anda yang pernah atau juga pecinta film-film Star Wars pastinya tahu akan berbagai macam teknologi yang ditampilkan dalam film tersebut. 

Salah satu teknologi yang kini sedang dikembangkan adalah teknologi hologram yang memudahkan komunikasi antara satu atau lebih dari dua orang berlangsung.

Sebuah perusahaan asal Polandia sedang mencoba mengembangkan teknologi komunikasi tersebut secara nyata. Pengembang teknologi ini mengatakan bahwa apabila tidak ada aral melintang, maka mulai 5 tahun ke depan, teknologi komunikasi hologram ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

Dikutip dari Daily Mail (04/01), penelepon hanya cukup duduk di depan perangkat yang telah didesain dan dikembangkan secara khusus tersebut dan 2 lensa sebagai proyeksinya akan menciptakan gambar 3D sekaligus terhubung dengan internet untuk komunikasinya (streaming).

Cara kerja dari mesin tersebut adalah dengan menerima gambar dari pengirim dan memantulkannya kembali menggunakan proyektor laser. Suara dan gerak dari seseorang yang dimunculkan secara hologram tersebut akan tepat dan sama secara real-time.

"Inovasi teknologi hologram yang kita kembangkan akan membawa perubahan untuk cara komunikasi via video atau video-call lebih canggih lagi," jelas Marcin Panek, Chief Executive dari Leia Display Systems.

Panek menjelaskan bahwa ide dari pengembangan teknologi tersebut awalnya terinspirasi dari sebuah efek 3D yang digunakan di sebuah klub malam dan disorotkan ke sebuah es kering atau dry ice.

"Bukan tidak mungkin. Teknologi saat ini sudah bergerak sedemikian cepatnya. Mungkin dalam beberapa dekade mendatang, kita tidak lagi perlu repot-repot menonton sepakbola ke stadion tapi hanya perlu duduk manis di rumah saja dengan melihat tampilan hologramnya," jelasnya.

wp-Mobile-Holograph_slideshow_604x500