Talkmen.com --- Jenis makanan yang baik untuk Anda konsumsi setelah berolah raga.

7 jenis makanan ini dapat memaksimalkan hasil olah raga Anda.   Tentu Anda tidak mau jika hasil olah raga Anda terbuang sia-sia akibat salah mengkonsumsi makanan.

Membakar lemak dan menjaga kesehatan dengan cara berolah raga memang sebuah kegiatan yang sangat baik. Namun tahukah Anda ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolah raga?

Jenis-jenis makanan tertentu akan memaksimalkan hasil olah raga Anda mulai dari sisi kesehatan hingga ke penurunan lemak. Simak tujuh jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah olah raga dalam artikel ini.

Telur

Telur mengandung sangat banyak protein yang berguna bagi tubuh.   

Telur merupakan jenis makanan yang sangat ideal untuk disantap setelah olah raga. Seperti yang diketahui, telur merupakan sumber ideal untuk menambah protein dan lemak baik. Maka mengkonsumsi telur sangat baik setelah bahkan sebelum berolah raga. Namun bagi Anda yang ingin menjaga level kolesterol Anda, tentu saja lebih baik jika Anda mengkonsumsi putih telurnya saja.

Saat tubuh kita dalam keadaan lelah setelah berolah raga, asupan protein yang bisa kita dapat dari telur akan bekerja maksimal dan menjadi nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai misi membesarkan massa otot.

Air Kelapa

Air kelapa sangat berguna untuk mencegah dehidrasi setelah olah raga.  

Setelah kehilangan banyak keringat setelah berolah raga, tubuh kita membutuhkan ion yang banyak guna mencegah dehidrasi. Air kelapa sendiri merupakan sumber ion natural yang paling bagus bagi tubuk kita.

Namun akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi air kelapa tanpa tambahan gula lagi. Karena air kelapa sendiri sudah memiliki kadar gula yang cukup meski tidak terlalu banyak. Namun dengan tambahan gula lagi tentu saja akan menambah kadar lemak jahat yang tentu saja akan membuat olah raga Anda sia-sia.

Sereal Gandum

Sereal gandum dapat memberikan cadangan gandum yang penting bagi tubuh.   

Inilah jenis makanan yang sangat baik bagi Anda yang berolah raga di pagi hari. Makanan berbahan dasar gandum sangat baik untuk mengisi cadangan glikogen bagi tubuh Anda.

Konsumsilah seral gandum dengan campuran susu tanpa lemak, maka Anda akan mendapatkan makanan yang sempurna sebagai asupan energi sehat setelah berolah raga. Sereal gandum dan susu tanpa lemak mengandung baik karbohidrat maupun protein yang sangat penting untuk memulihkan otot setelah lelah berolah raga. Tubuh yang letih akibat olah ragapun bisa kembali pulih dengan cepat.

Susu cokelat rendah lemak

Segelas susu cokelat rendah lemak dapat membantu pemulihan otot.  

Jangan kaget dulu melihat tips yang satu ini. Meski kata 'cokelat' cukup identik dengan lemak buruk yang akan menggemukan Anda, pada kenyataannya susu cokelat rendah lemak sangat berguna untuk mengembalikan cairan pada tubuh atau yang disebut juga dengan rehidrasi.

Selain itu susu cokelat rendah lemak juga sangat berguna untuk membangun jaringan otot berkat kadar protein yang tinggi. Susu cokelat rendah lemak juga berguna untuk mengisi otot dengan glukogen yang berguna untuk pembesaran otot. Selain itu kadar vitamin dan mineral yang besar pada susu cokelat rendah lemak juga sangat berguna untuk membantu pemulihan otot.

Kacang-kacangan

Kacang mengandung banyak protein, lemak dan karbohidrat yang sangat berguna untuk pemulihan.  

Tipe kacang-kacangan mengandung banyak protein, lemak, bahkan karbohidrat yang sangat berguna untuk mengembalikan kondisi tubuh yang letih setelah olah raga. Konsumsilah segenggam kacang tanah setelah sesi latihan Anda. Meski sedikit, Anda akan langsung merasakan manfaatnya. Anda bisa juga menggantinya dengan selai kacang, namun tentu saja harus diingat kadar gula dan lemak pada selai kacang yang cukup tinggi, maka jika Anda lebih memilih selai kacang, jangan konsumsi berlebihan karena hasil olah raga Anda akan sia-sia.

Mengkonsumsi kacang-kacangan setelah aktifitas olah raga bahkan banyak dilakukan atlet-atlet profesional. Karena seperti yang dijelaskan diatas, kadar protein dan karbohidrat dalam kacang dapat memulihkan tubuh Anda. Sebagai catatan, bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, lebih baik Anda mengkonsumsi kacang walnut dan juga almond karena kadar lemak yang jauh lebih sedikit dan dapat membantu mengontrol kolesterol Anda.

Buah blueberry

Blueberry mempunyai kadar antioksidan yang sangat tinggi.
 

Pada intinya semua jenis buah-buahan sangat baik untuk Anda konsumsi setelah olah raga. Namun khususnya untuk blueberry, buah kecil yang masih satu keluarga dengan strawberry ini sangat baik untuk Anda konsumsi segera setelah berolah raga. Selain kadar vitamin C yang sangat besar dan berguna untuk mengembalikan stamina, buah ini ternyata memiliki kadar antioksidan yang sangat besar dan berguna bagi tubuh Anda.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada blueberry menimbulkan perubahan pada sistem penyimpanan lemak pada tubuh Anda, antioksidan dapat membuat gula atau glukosa menjadi energi sehingga lemak tidak menimbun di tubuh Anda. Selain itu Blueberry juga sangat baik bagi fungsi jantung Anda. Setelah Anda berolah raga, jantung biasanya bekerja sangat keras dan Blueberry akan sangat berguna untuk membantu pergerakan jantung Anda.

Yoghurt

Kadar kalsium yang tinggi dari yoghurt sangat baik untuk pemulihan otot.  

Setelah Anda berolah raga, jantung Anda yang bekerja keras membuat tekanan darah Anda meningkat. Fungsi yoghurt yang dapat menurunkan resiko darah tinggi sangat berguna bagi Anda setelah berolah raga. Ditambah lagi kadar kalsium tinggi yang sangat berguna bagi otot dan tulang Anda. Yoghurt juga memiliki serat tinggi yang dapat membantu pencernaan Anda.

Yoghurt terbukti sangat berguna untuk memulihkan fungsi tulang dan otot, Anda tentu saja pernah merasakan badan yang sakit-sakit akibat terlalu keras berolah raga, nah disinilah fungsi yoghurt akan sangat membantu Anda. Ditambah lagi kandungan kalsium yoghurt yang 100 persen organik dan dapat diserap tubuh dengan sempurna. Kadar lemak yang terdapat pada yoghurt juga sangat rendah sehingga tidak akan membuat olah raga Anda sia-sia.

Itulah 7 jenis makanan yang sangat berguna dan perlu Anda konsumsi setelah lelah berolah raga. Menjaga pola makan dan rajin berolah raga memang sudah sangat baik, namun alangkah baiknya jika Anda juga memperhatikan makanan yang Anda konsumsi tepat setelah berolah raga bukan? Tentu saja Anda ingin hasil olah raga yang telah dilakukan tidak terbuang sia-sia.